Sepatu adalah salah satu outfit yang tidak bisa diacuhkan begitu saja. Meskipun hanya menjadi alas kaki dan menjadi riasan yang tak begitu kelihatan, sepatu adalah salah satu hal yang sedikit banyak berpengaruh pada tampilan dan gaya kamu. Misalnya saja untuk pria, tentunya seorang pria stylish tidak akan memilih sepatu boots sebagai outfit yang sporty. Salah-salah dibilang saltum (salah kostum). Nah, jika kamu adalah pria dengan gaya kasual dan berkecimpung pada dunia perkantoran, mungkin sepatu kulit pria casual adalah salah satu pilihan terbaik untuk kamu. Sepatu kulit casual ini tentunya cocok untuk sekadar hangout dan juga untuk menghadiri acara semiformal layaknya gala dinner, kondangan, atau pergi ke kantor.

Produsen dan merek sepatu kulit pria ini sangatlah banyak bertebaran di pasaran. Jika kamu punya cukup budget, mungkin kamu bisa membeli sepatu-sepatu bermerek, seperti Jim Joker, Playboy, Crocodile, Kickers, atau bahkan Cardinal.

Namun, jika kamu tidak punya cukup banyak uang, kamu bisa memilih sepatu kulit produk lokal dengan harga bersahabat. Misalnya saja sepatu buatan Bandung yang dijual di Cibaduyut. Yap, Cibaduyut memang merupakan pasar yang terkenal dengan barang-barang dengan harga mentereng. Namun, jangan salah, kualitasnya boleh diadu dan dijamin pula keawetannya.

Kamu penasaran bukan mengenai harga-harga dan model sepatu yang ada di Cibaduyut ini. Tanpa banyak bicara lagi, yuk simak model sepatu dan harga sepatu kulit Cibaduyut berikut.

  • sepatu boots kulit Cibaduyut original joey docmart, Rp385.000,-
  • sepatu boots pria coklat gunung outdoor kulit Cibaduyut mrr-23, Rp299.000,-
  • sepatu boots pria kulit murah berkualitas asli Cibaduyut erli 001, Rp256.000,-
  • sepatu boots safety kulit outdoor, Rp459.000,-
  • sepatu boots pria kulit sintetis Cibaduyut casual, Rp169.000,-
  • sepatu boots pria asli cibaduyut / sepatu kulit outdoor terbaru – atms 089, Rp489.000,-
  • sepatu tracking boots kulit pria 515hmc Cibaduyut, rp322.000,-
  • sepatu handmade kulit boots roomy tan cream sole piedestore r3 Cibaduyut, Rp399.000,-
  • sepatu safety kulit pria lapangan/proyek caterpillar Cibaduyut asli 305bsm, Rp295.000,-
  • sepatu casual boots pria kulit Cibaduyut joc211, Rp255.000,-
  • sepatu kulit boots pria original bkly sneakers Cibaduyut may 166, Rp241.000,-

Nah itulah beberapa daftar model sepatu dan harga sepatu kulit Cibaduyut yang dapat jadi referensi kamu. Meskipun murah, tetapi kualitasnya dijamin tidak murahan. Tentu jika berbicara masalah keawetannya, kamu juga harus tahu cara merawat sepatu kulit itu sendiri agar tidak mudah lusuh atau rusak.

Cara merawat sepatu kulit tersebut kita ringkas dalam 5 cara mudah.

  1. Kenali jenis kulit pada sepatumu

Kamu patut mengenali jenis kulit pada sepatumu. Sebab, dengan mengetahui jenis kulit itu, kamu juga bisa meramu cara tepat untuk menjaganya tetap awet. Kamu wajib tahu apakah sepatumu sintetis atau tidak dan kuat terhadap perubahan cuaca atau tidak

 

  1. Perhatikan posisi penataan sepatu kamu

Selanjutnya, kamu patut memerhatikan cara menata dan tempat menyimpan sepatu kamu. Tujuannya adalah untuk meminimalisasi gesekan dan ataupun benturan pada permukaan sepatu kamu.

 

  1. Hindari udara lembap

Udara lembap seringkali menyebabkan sepatu dan bahan sepatu jadi berjamur atau bahkan mudah lapuk. Kamu harus menghindarinya dan menyimpannya pada suhu yang pas. Pastikan juga silica gel ada di tempat kamu menyimpan sepatumu untuk menghindari tumbuhnya jamur.

 

  1. Pelajari cara mencuci dan mengeringkan sepatu dengan baik

Langkah satu ini sangat penting. Kamu perlu tahu bahan dari sepatumu dan bagaimana cara mencuci dan mengeringkannya. Apakah boleh menggunakan sikat yang kasar atau tidak? Apakah boleh memakai sabun atau tidak? Di manakah tempat menjamur paling baik? Pertimbangan-pertimbangan itu akan menjadikan kamu lebih hati-hati dan tentu membuat sepatumu lebih lama terjaga keawetannya.

 

  1. Semir sepatumu secara rutin agar tetap menarik

Ini mungkin adalah cara untuk memanipulasi tampilan sepatu kulit kamu agar tetap terlihat baru setiap saat. Semirlah dengan jangka waktu tertentu. Terlalu sering disemir juga menimbulkan efek yang kurang baik pada sepatumu, jadi semirlah dengan skala yang cukup.

 

Itulah beberapa cara mudah merawat sepatu kulitmu. Jika kamu sudah menemukan referensi murah dalam memilih sepatu kulit yang cocok untukmu, tentunya kamu juga wajib melakukan kelima cara mudah merawat sepatu kulitmu itu agar sepatumu tetap awet dan kondisi kantungmu tetap sehat.