Kulit bersih dan terawat adalah indikator utama kulit wajah yang sehat. Tak dapat dipungkiri, kesalahan dalam merawat kulit dapat menimbulkan masalah kulit. Pada kulit wajah, tentunya dibutuhkan perawatan yang berbeda dibandingkan dengan kulit pada bagian tubuh lainnya karena kulit wajah memiliki kelenjar lemak dan keringat yang lebih banyak. Saat ini, tak hanya wanita yang memerlukan perawatan kulit. Akan tetapi kaum pria juga harus melakukan perawatan agar wajah terhindar dari berbagai masalah kulit. Umumnya, para pria hanya menggunakan sabun muka pria untuk perawatan sehari-hari mereka padahal sebenarnya cuci muka saja tak cukup.

Apabila kamu menginginkan wajah yang tak hanya bersih dan terawatt, namun juga putih, berikut adalah beberapa hal yang harus para pria perhatikan!

  1. Cuci muka

Dalam hal perawatan kulit pria agar putih, hal utama dan pertama yang harus dilakukan adalah mencuci muka. Bukan sembarang mencuci muka, prosedur ini harus dilakukan secara rutin apabila ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Mencuci muka menjadi hal yang penting karena wajah merupakan bagian tubuh yang mengalami kontak langsung dengan polusi dan debu.

Pencucian wajah yang rutin akan membuat kotoran-kotoran yang menempel di wajah hilang serta akan memperbaiki kulit kusam kamu secara bertahap. Selain itu, pencucian wajah juga akan mengangkat minyak berlebih pada wajah. adapun frekuensi pencucian wajah yang disarankan adalah dua kali sehari yakni pada pagi dan sore hari.

Dengan bersihnya minyak berlebih, kotoran, serta bakteri yang ada pada pori-pori kulit, maka secara berkala wajah akan melakukan regenerasi kulit menjadi lebih cerah. Sebelum memilih produk sabun cuci muka, usahakan berkonsultasi dengan pakar atau dokter kulitmu ya!

Hal ini ditujukan agar konsumen memilih produk sabun cuci muka yang benar. Biasanya dokter atau pakar kulit akan merekomendasikan beberapa jenis produk sabun muka yang cocok untuk jenis kulit. Apakah kamu harus menggunakan sabun muka kulit sensitif, kulit kering, atau harus menggunakan sabun muka pria untuk menghilangkan jerawat, semua bergantung hasil observasi ahli terkait.

  1. Menggunakan masker

Hal penting kedua dalam perawatan kulit pria agar putih adalah penggunaan masker wajah. tak cukup dengan mencuci muka, langkah kedua yang harus kamu lakukan adalah melakukan masker wajah. Hal ini dikarenakan ada hal-hal tertentu yang tak dapat dilakukan oleh sabun cuci muka biasa.

Masker wajah selain berfungsi untuk menjaga kebersihan kulit, juga berfungsi untuk mencerahkan, melembutkan, menghaluskan, sekaligus merawat kekencangan kulit. Adapun bahan-bahan yang dipercaya dapat membantu dalam pencerahan kulit diantaranya adalah lidah buaya, bengkuang dan lain sebagainya.

  1. Memakai toner dan serum yang sesuai dengan jenis kulit

Langkah terakhir dalam rangkaian perawatan wajah pria adalah memakai toner dan serum yang cocok dengan jenis kulit. Selain berbeda kandungan, toner dan serum juga berbeda penggunaannya. Toner dipakai setelah mencuci muka sementara serum dipakai setelah memakai toner atau setelah membersihkan wajah dari masker.

Adapun fungsi toner adalah untuk mengangkat sisa bahan kimia dari sabun yang masih menempel pada kulit serta menormalkan kembali PH kulit, sementara fungsi serum adalah untuk menjaga kekenyalan kulit serta memberikan nutrisi tertentu yang dibutuhkan kulit agar kulit menjadi cerah dan bebas dari kerutan. Untuk opsional, kamu juga dapat memakai mousturizer apabila jenis kulit yang dimiliki adalah kulit kering.