Salah satu aksesori yang paling banyak dicari dan diburu oleh kalangan masyarakat adalah topi. Topi memang menarik karena dapat membuat tampilan kita, khususnya bagian kepala menjadi lebih kece. Tidak jarang, orang menjadi pemburu topi dan mencari topi favoritnya hingga ke luar negeri. Hal itu sebenarnya juga banyak dipengaruhi oleh idola-idola mereka yang menggunakan topi sebagai salah satu ciri khasnya, entah di kancah seni peran, panggung drama, atau pentas musik. Misalnya saja ada orang yang sampai tergila-gila dengan topi fedora karena model topi yang satu itu pernah dipakai oleh Tompi ataupun Justin Timberlake saat di panggung.

Contoh lain yang sering terjadi juga adalah orang-orang sangat terpengaruh idola-idolanya hingga merogoh kocek ratusan juta demi sebuah topi. Misalnya, seorang fans rela membeli topi snapback yang pernah dipakai oleh Jay-Z, Kanye West, Eminem, atau bahkan Igor Saykoji dengan harga puluhan juta hingga miliaran rupiah. Sangat fanatik dan fantastis bukan?

Ya, memang, jika sudah berkaitan dengan fesyen yang berkenaan dengan idola, kadang semuanya jadi gelap mata. Namun, di samping itu, topi-topi yang sangat ramai di pasaran pun sangat banyak. Topi-topi itu sangat beragam. Terkadang, bahkan topi-topi itu populer karena pernah dipakai salah seorang public figure yang berpengaruh.

Langsung saja yuk, simak, berikut macam-macam topi yang ramai di pasaran.

  1. Baseball Cap

Topi ini cukup populer di kalangan pria maupun wanita muda yang memang menyukai tampilan sporty. Topi ini pertama kali dipopulerkan oleh grup bisbol Broklyn Excelsiors pada tahun 1960. Semenjak itu, model topi yang satu ini mulai digemari, terutama mereka kaum yang menyukai olahraga.

Memang, dengan memakai topi ini, tampilan kamu akan secara tidak langsung terlihat lebih sporty, jadi wajar saja jika digemari. Tentunya, topi ini kemudian dipasarkan leh bermacam brand hingga brand ternama seperti Nike, Reebok, Adidas, dan Puma.

 

  1. Topi Snapback

Topi Snapback mempunyai beberapa kemiripan dengan topi bisbol, khususnya bentuknya yang menonjol di depan. Namun, ada sedikit perbedaan, yakni topi snapback, tonjolan depannya lebih rata daripada topi bisbol. Meskipun mirip, kesan yang ditimbulkan topi snapback dan topi bisbol jauh berbeda.

Jika topi bisbol menimbulkan kesan sporty, topi ini justru menimbulkan kesan swag. Hal itu disebabkan topi ini lahir dari budaya yang berbeda dengan topi bisbol. Jika topi bisbol lahir di kalangan olahragawan, topi snapback lahir dan populer di kalangan budaya pop Amerika dan banyak dipakai oleh publik figure yang menyukai budaya pop Amerika. Namun, terlepas dari itu, topi bisbol dan snapback sama-sama sangat populer dan digemari.

 

  1. Beanie

Topi yang satu ini bentuknya sangat mirip dengan ketu atau kupluk di budaya Indonesia. Topi yang satu ini cocok untuk melindungi kepala dari hawa dingin. Namun, tidak bisa melindungi kepala dari panas dan cahaya menyilaukan.

Jika berbicara mengenai mode, topi ini cocok untuk gaya kasual dan semiformal, tetapi kurang cocok untuk formal. Topi ini memiliki bahan yang tebal dan cocok untuk dibawa sebagai pelindung kepala ketika hiking.

 

  1. Fedora

Topi ini pada awalnya dipopulerkan oleh pangeran Edward. Kini, topi ini populer hingga negeri dunia ketiga, khususnya Indonesia. Di Indonesia sendiri, topi ini sering diapai di acara-acara semiformal.

Bahkan, tak jarang artis-artis juga memakainya untuk menghadiri acara nominasi ataupun perform di panggung. Artis-artis Indonesia yang kedapatan pernah memakai topi ini untuk penampilannya, misalnya Gamaliel GAC, Tompi, Kamga, hingga Duta Sheila on 7.

 

Nah, itulah macam-macam topi yang saat ini ramai dan diburu oleh orang-orang di pasaran tanah air. Mungkin saat ini topi snapback dan fedora adalah yang paling banyak diburu. Namun, tentunya selera masing-masing orang beda-beda bukan? Bagaimana dengan seleramu?