Menghadiri undangan untuk acara penting seperti pesta penikahan atau acara keluarga lainnya memang agak sedikit tricky. Sebagai tamu undangan, kita harus pintar memilih busana dan juga tampilan make up. Hal ini penting kita harus berdandan dengan tampilan semi formal, namun juga tidak boleh berlebihan yang menyebabkan kita bisa mengalahkan “bintang” dari acara  tersebut. Salah satu pilihan yang aman adalah dengan menggunakan kebaya cantik dengan padu padan yang membuatnya tidak terlihat berlebihan. Penasaran dengan inspirasi kebaya modern tersebut?

Berikut beberapa padu padan kebaya cantik yang bisa Anda contek

Kebaya Encim

Kebaya encim merupakan salah satu jenis kebaya klasik yang terkenal di daerah Betawi. Kebaya ini merupakan hasil dari akulturasi budaya peranakan Tionghoa dengan budaya masyarakat Betawi. Seiring dengan perkembangan zaman, kebaya encim tidak lagi menjadi ciri khas dari populasi tertentu melainkan sudah menjadi bagian dari budaya Indonesia yang banyak dipakai oleh berbagai kalangan wanita.

Khas dari kebaya encim biasanya ada pada aplikasi bordir pada bagian tepi dan tengah dari kebaya. Selain itu, kebaya encim biasanya terbuat dari kain katun yang dingin. Ciri khas lain dari kebaya encim adalah model kebaya yang berpotongan di atas panggul. Anda bisa menggunakan kebaya encim dengan padu padan rok bermotif batik setinggi lutut untuk mendapatkan kesan penampilan semi formal.

Kebaya Obi

Anda senang bereksperimen dengan model fashion? Jika iya, Anda boleh mencoba model kebaya yang satu ini. Bahan kebaya ini mungkin sama saja dengan kebaya lainnya yaitu kain renda bermotif. Namun desain dari kebaya ini yang out of the box. Dibuat dengan model tunik, yaitu panjang mencapai lutut, kebaya ini memiliki kerah berbentuk V –neck. Kemudian yang membuat kebaya ini berbeda adalah pemberian aplikasi obi atau ikat pinggang yang berasal dari kain batik.

Bentuk obi ini mengimitasi kain obi yang digunakan para wanita Jepang untuk mengikat baju kimono mereka. Kemudian permainan warna kebaya yang tidak terlalu kontras, yaitu merah muda dan ungu muda menambah cantik penampilan dari kebaya ini. Terakhir, kebaya ini tidak dipadankan dengan bawahan berupa rok batik seperti umumnya kebaya. Kebaya model ini dikenakan dengan celana batik dengan motif yang sama seperti obi yang digunakan.

Kebaya Outer

Inspirasi model kebaya lain yang bisa Anda coba lainnya adalah model outer atau rompi. Ya, kebaya pun bisa digunakan sebagai outer jika Anda menghendaki. Tidak perlu takut terlihat aneh, karena setelah jadi, Anda akan melihat versi terbaru dari kebaya modern yang sangat cantik. Biasanya pola model rompi ini berbentuk setengah lingkaran atau full lingkaran yang digunakan seperti cape.

 Anda bisa menambahkan batuan imitasi mutiara atau payet yang diaplikasikan di sekitar kerah leher untuk mempermanis tampilan. Jangan lupa untuk menggunakan pakaian dalam berwarna senada agar terlihat matching. Terakhir, gunakan celana berbahan batik untuk menyempurnakan penampilan Anda.

Gaun kebaya

Jika Anda bosan menggunakan bawahan berupa batik atau kain nusantara lainnya, tidak ada salahnya jika Anda mengubah kain kebaya yang Anda miliki menjadi bentuk gaun nan anggun. Mungkin kebaya model gaun sudah menjadi cita rasa internasional, namun tidak ada salahnya jika Anda memilih menggunakan gaun. Mengubah kebaya menjadi bentuk gaun akan menambah kesan anggun dan feminim. Namun perlu diingat, sebisa mungkin jangan berlebihan dalam menata pemanis dari kebaya tersebut.

Untuk inspirasi kebaya semi formal lainnya, Anda bisa membuka tautan berikut https://review.bukalapak.com/fashion/5-inspirasi-kebaya-modern-untuk-menghadiri-wisuda-yang-bisa-kamu-coba-36286