Kebaya merupakan baju atau blus tradisional yang biasanya dikenakan oleh wanita Indonesia. Bahan dari kebaya biasanya berupa brokat atau kain tipis dengan motif yang jarang. Kebaya dapat dipadupadankan dengan bawahan batik, sarung, songket, maupun jeans. Meskipun dulu kebaya identik dengan penggunaannya untuk wanita bangsawan saja, saat ini kebaya lebih bebas dikenakan oleh seluruh kalangan. Hingga wanita berhijab juga memiliki model kebaya perpisahan berhijab  yang dapat dikenakannya untuk menghadiri acara tertentu seperti wisuda.

Menurut sejarah, bentuk kebaya berasal dari keraton Majapahit yang dikenakan oleh para permaisuri maupun selir raja. Sehingga memang kebaya pada jaman dahulu hanya identik dengan kaum bangsawan atau terpelajar saja yang dibolehkan menggunakannya. Umumnya, kebaya hadir dalam nuansa putih atau warna terang. Dengan penggunaan kain jarik yang dilipat atau disebut dengan wiron dan juga penggunaan sanggul beserta aksesoris yang ada untuk melengkapinya. Penggunaan stagen yang dilititkan juga dahulu sangat umum digunakan oleh nenek moyang kita. Istilah kebaya sendiri menunjukkan keanggunan dan kepribadian tinggi seorang wanita.

Hingga pada masanya, seiring berjalannya waktu, kebaya mulai memiliki variasi dan warna warni dari berbagai bahan yang ada. Walau identik juga dengan penggunaan sanggul di atas kepala wanita, saat ini kebaya modern hadir untuk menjangkau juga para kawula muda agar mau dan bangga mengenakan kebaya.  Terbukti juga untuk melestarikan kebaya, pemerintah telah menjadikan kebaya sebagai busana nasional Indonesia.

Desain kebaya modern saat ini mengacu pada penggunaannya untuk pesta atau perayaan tertentu. Mulai dari pesta formal, semi formal, perayaan hari raya tertentu, acara tradisional, hingga perayaan wisuda yang sudah banyak mengenakan kebaya, https://review.bukalapak.com/fashion/5-model-kebaya-hijab-untuk-wisuda-yang-anggun-6963

Di antaranya, ada beberapa perancang busana kebaya terkenal yang ada di Indonesia. Mereka juga ingin berkontribusi untuk melestarikan kebaya dan mengenalkannya ke berbagai negara yang ada di dunia untuk mengharumkan nama Indonesia.

Siapa saja? Langsung saja deh, Chek it Out!

 

  1. Desainer Anne Avantie

Anda pastinya sudah mendengar sekilas bukan tentang nama Anne Avantie sebagai seorang desainer? Karya karyanya memang sering dikenakan para artis untuk menyambut hari bahagia mereka maupun untuk hadir dalam acara acara tertentu. Kebaya yang dirancang oleh ibu Anne ini memang dikenal memiliki kesan anggun dan elegan. Adalah warna gold yang gemerlap yang menjadi ciri khas kebaya besutan Anne Avantie ini. Tak jarang, wanita yang mengenakannya akan tampil lebih percaya diri.

 

  1. Desainer Ayok Dwipancara

Bagi Anda yang ingin padu padanan kebaya dengan rok atau pun celaja jeans. Bisa pilih desain dari desainer asli Indonesia ini. Ayok Dwipancara terkenal dengan  desain kebaya yang modern nan kasual. Tren anak muda sekali pokoknya. Memang ini merupakan alternatif bagi mereka yang tak menyukai desain kebaya jadul. Ingin tampil modis dan nyentrik dengan menggunakan kebaya? Intip hasil karya Pak Ayok ya.

 

  1. Adjie Notonegoro

Siapa sih yang tak kenal? Namanya juga sering disebut loh di televisi. Karena desain kebaya dari Adjie Notonegoro ini juga sering dibawakan oleh para model peragaan busana, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Desainnya terkesan simpel dan mampu dipadupadankan dengan berbagai gaya yang ada. Misalnya saja gaya Indonesia dengan Eropa dan lain sebagainya.

 

  1. Ivan Gunawan

Duh ini sih udah pasti tahu kan ya? Ivan Gunawan juga dikenal sebagai seorang host. Namun, sebelum menjadi host dan terkenal, Ivan gunawan lebih dikenal menjadi seorang desainer. Kebaya rancangan Ivan Gunawan juga sering digunakan untuk kebaya pernikahan. Karena memang tampilannya dengan desain dan bordiran yang elegan.

Semoga jadi tambahan wawasan ya.