Jaket adalah busana yang digunakan untuk bagian luar dengan model lengan panjang dan panjangnya sampai pinggang atau pinggang. Fungsi jaket adalah untuk menghangatkan tubuh, menahan udara dingin dan angin. Sekarang sudah banyak model jaket terbaru pria dan wanita dengan desain yang modern dan fashionable.

Ciri khas jaket adalah bagian depannya terapat bukaan dari leher hingga kebawah menggunakan kancing atau ritseleting. Seiring dengan perkembangan fashion yang semakin ramai, kini hadir beragam jaket dengan model dan bentuk yang menarik bahkan Anda bisa menemukan jaket dengan tambahan aksesoris yang semakin memperindah tampilan. Selain itu, bahan yang digunakan untuk jaket sekarang beragam. Salah satunya adalah jaket terbaru windbreaker.

Keunikan Jaket Windbreaker

Seperti jaket umumnya, jaket model windbreaker fungsinya untuk menahan dingin. Awal mulanya windbreaker adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut jaket untuk menahan angin yang popular di wilayah Amerika Utara yang memiliki iklim lumayan dingin. Itu sebabnya penduduk di sana mencari jaket yang bahannya lebih ringan namun mampu menahan udara yang dingin, selain itu jaket windbreaker mampu menahan dingin saat musim salju datang.

Maka diciptakanlah sebuah jaket penahan dingin yang bahannya lebih ringan dibandingkan dengan jaket yang tebal. Walaupun ringan jaket ini windbreaker tidak kalah hangatnya dengan jaket bahan wol. Bahan yang umumnya digunakan untuk jaket windbreaker adalah nylon, polyester dan sintesis.

Seiring perkembangannya jaket windbreaker kemudian menyebar ke seluruh penjuru dunia termasuk ke Indonesia menjadikan jaket ini popular sebagai jaket untuk menahan udara dingin. Umumnya jaket ini memiliki kerah yang agak panjang, fungsinya untuk melindungi leher. Selain itu ada juga jaket yang dilengkapi dengan hoodie yang fungsinya melindungi kepala dari udara dingin.

Jaket windbreaker cocok digunakan bagi Anda yang tinggal atau banyak menghabiskan waktu di daerah yang memiliki udara dingin. Selain itu, jaket ini cocok dipakai oleh pengendara motor, karena jaket ini tidak akan tembus angin dan anti air sehingga dapat memberikan kenyamanan dan rasa hangat saat berkendara terutama pada waktu malam hari.

Para pendaki gunung atau anak-anak Pecinta Alam (PA) disarankan memiliki jaket ini, untuk melengkapi kegiatan saat melakukan pendakian atau kemping.

Perawatan Jaket

Jika Anda sudah memiliki jaket windbreaker, jangan sampai lupa untuk merawatnya dengan cara yang benar dan baik. Hal ini penting dilakukan agar jaket tetap awet dan tahan lama. Perawatan jaket berhubungan dengan kegiatan: mencuci, menyetrika dan cara menyimpan.

Mencuci jaket sebenarnya sama dengan mencuci pakaiajn biasa, perbedaannya saat menyetrika sebaiknya setrika bagian dalam agar tidak mengkerut dan suhunya jangan terlalu panas. Seangkan cara menyimpan jaket yang benar adalah dengan cara digantung bukan dilipat.

Itulah ulasan singkat mengenai jaket terbaru windbreaker, semoga bermanfaat!