Berbicara mengenai item fashion muslim memang nantinya tak akan jauh-jauh dari yang namanya jilbab, fungsinya sendiri adalah untuk menutup bagian aurat kepala, diantaranya adalah rambut. Hingga ke bagian dada. Namun jika dilihat memang jenis jilbab sendiri memang sangat banyak sendiri, ada yang modelnya pendek biasa, namun juga ada yang begitu panjang dan juga besar. Umumnya model yang panjang dan lebar ini dikenal sebagai hijab syar’i, tentunya bukan hal yang baru lagi bagi Anda.

Dibandingkan dengan jenis jilbab yang biasa, pada dasarnya hijab yang satu ini memang lebih dianjurkan untuk dipakai sesuai dengan syariat Islam, karena tak hanya menutup aurat di bagian kepala saja, melainkan juga hingga ke bagian leher dan juga dada. Sehingga Anda menjadi lebih sempurna dalam berbusana. Belakangan ini modelnya kian banyak, dari motif yang polosan, rampel hingga motif bunga semuanya dapat dijumpai secara mudah di pasaran. Tak jarang juga diantaranya yang kebingungan dalam menentukan pilihan.

Bagi yang masih pemula dalam mengenakan jilbab khususnya adalah jenis yang syar’i ini sendiri maka kenyamanan adalah hal utama yang patut untuk diperhitungkan, agar tak salah pilih maka berikut ini tips membeli hijab syar’i bagi Anda, diantaranya adalah:

  1. Pastikan memilih bahan yang dapat menyerap keringat, pemakaian di siang yang panas memang sangat rentan menyebabkan tubuh menjadi panas hingga terkadang keluar keringat dalam jumlah yang banyak. Untuk itu alangkah baiknya memilih bahan dengan kemampuan tinggi menyerap keringat, ini akan terasa lebih nyaman digunakan.
  2. Pilihlah bahan yang tebal dan tidak menerawang, salah satu anjuran utama dalam mengenakan hijab adalah tidak menerawang, mengingat ada beberapa bahan yang tergolong ringan, sehingga jika digunakan tidak bisa menutup rambut secara sempurna, karena menerawang dari luar. Memilih jenis hijab yang satu ini sebaiknya dari bahan yang tebal namun terasa sejuk di kulit, dengan demikian juga tak akan menerawang.
  3. Tentukan panjang yang sesuai dengan kebutuhan, namanya model syar’i sehingga tak heran jika ukurannya juga sangat panjang, hanya saja untuk ukuran panjangnya ini sendiri dapat disesuaikan dengan kebutuhan, ingin yang cukup menutup dada atau sampai ke bagian perut bawah.
  4. Pilah-pilih motif yang sesuai dengan busana Anda, khusus untuk Anda yang mengenakan busana polosan, maka dianjurkan memakai jilbab yang bermotif sehingga memberikan kesan yang cantik, begitu pula sebaliknya.

Jadi jangan asal pilih hijab syar’i ini, ada banyak sekali pilihan produknya yang dijual dengan harga terjangkau, konsumen tinggal pilah-pilih saja yang sesuai dengan kebutuhan. Trend busana dengan hijab memang sudah lama ada di negara yang mayoritas penduduknya muslim seperti Indonesia ini.