Salah satu aksesoris fashion yang bisa mempercantik penampilan adalah topi. Ada banyak model topi keren wanita yang bisa membuat gayamu semakin stylish. Namun bagaimana dengan wanita berhijab? Anda jangan khawatir karena sekarang banyak topi keren yang cocok juga digunakan oleh wanita berhijab, asalkan memperhatikan beberapa hal yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Topi Untuk Wanita Muslim Berhijab

Memilih topi untuk wanita yang berhijab tidak semudah dan sesederhana memilih topi wanita yang tidak berhijab. Dalam hal ini dibutuhkan keterampilan dalam ngemix and ngematch, baik dari segi model maupun warna. Selain itu model hijab yang digunakan juga harus dijadikan bahan pertimbangan model topi yang tepat digunakan.

Kebanyakan wanita berhijab enggan menggunakan topi karena takut dianggap norak. Apalagi budaya di Indonesia menggunakan topi yang trandy belum familiar di masyarakat. Nah, jika Anda ingin tampil berbeda saat menggunakan hijab dipadukan dengan topi namun tidak berlebihan simak tipsnya berikut ini! Namun sebelumnya simak mengenai tips memilih topi keren sesuai dengan cuaca.

Sesuaikan Jenis Atau Model Topi Dengan Cuaca

Memilih topi tidak bisa sesuka hati karena ada beberapa jenis topi yang hanya cocok digunakan saat cuaca tertentu. Berikut penjelasannya:

  • Apabila Anda sedang berkunjung ke negara yang memiliki empat musim dan pada waktu musim gugur hingga musim dingin bisa gunakan topi beanie atau jenis knit. Pada saat musim panas bisa gunakan topi fedora, floppy atau baseball. Sedangkan jika musim semi bisa lebih bebas memilih topi jenis apapun.
  • Jika di Indoensia, Anda bisa gunakan topi sesuai dengan musim apakah sedang musim hujan atau musim panas. Jika sedang musim panas bisa gunakan jenis topi yang memiliki pinggiran yang lebar. Topi model ini bisa melindungi kulit wajah dari sengatan matahari. Contohnya topi jenis cloche atau floppy.
  • Sedangkan jika sedang musim hujan bisa gunakan topi yang terbuat dari bahan rajut yang tipis namun hangat. Usahakan modelnya cocok dengan busana yang digunakan.

Tips Menggunakan Topi Bagi Para Hijabers

  • Pilih hijab dan topi yang warnanya sama atau masih warna gradasi.
  • Jika ingin warnanya berbeda, usahakan jangan kontras atau tabrak  warna karena malah membuat penampilan terlihat aneh dan norak.
  • Jika ingin memilih warna kontras bisa pilih satu warna yang dipadukan dengan warna netral seperti: hitam atau putih.
  • Jika masih bingung memilih warna perpaduan hijab dengan topi, bisa pilih warna alternatif seperti warna terang dengan warna yang kalem (pastel).

Perpaduan warna hijab dan kerudung tersebut bisa dijadikan pilihan. Namun tidak menutup kemungkinan menggunakan topi keren dengan warna-warna kontras asalkan dengan mempertimbangkan warna kulit.