Ada banyak model topi keren, terkadang terdapat beberapa kemiripan namun namanya berbeda. Di beberapa tempat menyebut nama jenis topi berbeda dengan di tempat lainnya. Awalnya topi dibuat untuk melindungi kepala dari sinar matahari atau udara dingin, kini topi tidak sekedar pelindung kepala namun menjadi benda fashion yang dapat membuat penampilan terlihat keren.

Berikut ini beberapa jenis topi yang wajib Anda koleksi. Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Melihat Metamorfosa Fashion Pria

Topi Baseball

Topi Baseball atau topi bisbol adalah topi yang memiliki bagian atas yang melingkar. Lentur dan biasanya terdapat kancing pada bagian atas tengahnya. Memiliki visor atau lidah yang melengkung kaku di bagian depan. Biasanya bagianatas depan topi terdapat bordir logo tim olahraga, brand atau yang lainnya. Di bagian belakang terdapat pengencang seperti gesper, karet atau Velcro.

Topi Snapback

Topi ini memiliki lingkaran kepala sedikit besar, bagian lidah topinya datar dan bagian belakangnya terdapat gesper dengan lubang sejajar satu atau dua baris. Fungsi lubang tersebut adalah untuk mengatur besarnya lingkaran topi sesuai dengan besarnya lingkar kepala.

Jenis topi ini termasuk ke dalam jenis topi baseball, namun memiliki kain keras di bagian depan topi. Biasanya menggunakan kain impor, sedangkan bagian depan topi dipasang bordir. Proses pembuatan bordir topi ini lumayan cukup mulit, itu sebabnya topi ini biasanya di temukan di etalase topi distro dengan harga yang lumayan mahal.

Topi Trucker

Topi ini disebut juga topi jaring atau jala, ciri khasnyanya memiliki jaring berlobang lima atau tiga atau bulat pada bagian panelnya dan tombol di baian atasnya dengan lidah yang melengkun dibagian depan. Lidah topi biasanya terbuat dari bahan busa.

Model topi ini biasanya terdapat logo atau tulisan dengan bahan busa yang tegak dan kaku, sehingga membuat topi ini lebih tinggi dibandingkan topi baseball.Di bagian belakang terdapat gesper yang terbuat dari plastik. Desain topi tersebut dimaksudkan untuk memberikan kenyamanan lebih sejuk dan terlindung dari sinar matahari.

Topi Kuplik

Kupluk adalah sejenis topi yang melingkari kepala dengan penuh, tidak terdapat lidah. Fungsinya adalah untuk melindungi dari cuaca dingin. Di negara barat jenis topi ini dikenal dengan banyak istilah, seperti: beanie, knip cap, knit hat, touque, skully dan masih banyak nama lainnya.

Topi Fedora

Topi ini biasanya terbuat dari bahan felt atau kain halus dan tebal, pinggirannya lebdar dan bagian lidahnya berlekuk. Biasanya berkerut memanjang ke bawah lidah sebatas bagian depan pada kedua sisinya.

Topi Trilby

Topi keren ini memiliki brim pendek di bagian depannya dan miring ke bawah. Sedangkan bagian belakangnya miring ke atas. Model topi ini sekilas mirip topi fendora, perbedaannya memiliki brim yang lebih pendek.