Tidak hanya pakaian saja yang dibuat dengan menggunakan bahan kain, namun nyatanya beberapa jenis peralatan atau perabot rumah tangga sekarang ini juga banyak yang menggunakan bahan kain. Misalnya saja seperti sofa, sarung, sprei, gorden, dan lain sebagainya saat ini dibuat dengan menggunakan bahan tersebut. Tidak hanya satu macam saja, nyatanya bahan ini memiliki berbagai jenis yang dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis produk yang berbeda serta memiliki kualitas. Meski bahan kain ini sering mudah robek, terutama jika penggunanya tidak merawatnya dengan baik serta menggunakannya secara tidak hati-hati, namun bahan kain ini sangat memenuhi berbagai kebutuhan sang pemiliknya. Memiliki jenis kain yang begitu banyak, yang memiliki karakter serta penggunaan yang berbeda-beda, pastinya hal ini akan menciptakan berbagai jenis produk yang lebih berguna untuk keperluan sehari-hari Anda. Berikut inilah beberapa jenisnya:

Jenis Kain Inilah yang Paling Sering Anda Gunakan dan Temukan dalam Sehari-hari

  • Cotton

Jenis pertama yang paling sering Anda temui dan bahkan gunakan dalam sehari-hari adalah cotton yang dinyatakan sebagai bahan yang sangat diandalkan. Memiliki 2 jenis, yakni combed dan carded yang sama-sama tidak memberikan rasa panas ketika digunakan dan dapat menyerap keringat dengan baik. Jenis combed terasa sangat halus dan juga terasa lebih ringan sedangkan carded memiliki karakteristik yang sebaliknya. Selain itu, jenis combed juga tersedia dalam berbagai varian yang membedakan ketebalannya.

  • Polyester

Bahan lainnya yang pastinya juga sangat sering Anda jumpai dimana-mana adalah bahan yang kerap disingkat menjadi PE ini. Memiliki karakteristik yang sangat khas, yakni terasa hangat serta tidak dapat menyerap keringat karena dibuat dengan bahan sintetis yang merupakan perpaduan biji plastik. Jenis kain yang satu ini dikenal memiliki kelebihan tidak akan melar meski Anda sudah mencucinya berkali-kali serta juga tidak mudah kusut. Tidak heran jika bahan ini banyak digunakan untuk membuat berbagai perabot rumah tangga di Indonesia.

  • Linen

Bahan yang satu ini sedikit mirip dengan Cotton namun bedanya adalah seratnya lebih kuat. Memiliki ciri khas yang lembut serta mampu menyerap keringat. Jenis ini dapat digunakan untuk membuat pakaian seperti gaun dan juga berbagai jenis perabot rumah tangga. Namun, jenis ni memiliki kekurangan yaitu sulit untuk dirawat dan membutuhkan para pemiliknya harus memberi perhatian yang ekstra agar bahan tersebut tidak kusut. Jenis ini harus dicuci menggunakan deterjen yang lembut.

Baca juga Mengenal Aneka Jenis Bahan Kain Premium untuk Gamis Syar’i

  • Denim

Bahan yang satu ini pastinya sekarang-sekarang ini sudah dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia karena merupakan salah satu jenis kain yang paling diminati karena memiliki warna yang sangat khas, yakni indigo. Bahan yang satu ini sering kali dibuat pakaian yang beragam model dan juga jenis karena terbuat dari bahan katun twill yang dimana memiliki tekstur seperti karpet yang halus nan tipis. Tidak heran jika bahan ini sangat diminati di Indonesia.