shutterstock_104937071Sebagian orang menggunakan kaca mata untuk menunjang aktivitas kebutuhan sehari-hari agar pandangan terlihat jelas. Bahkan saat ini  kacamata wanita dan pria menjadi bagian dari fashion yang dapat menunjang penampilan lebih modern. Selain itu ada juga sebagian orang yang menggunakan kaca mata untuk melindungi mata dari sengatan matahari langsung, menghindari debu saat berkendaraan atau menghidari radiasi saat didepan computer.

Mata adalah bagian tubuh yang sensitif, jaringan di sekitar mata tergolong rapuh. Kelopak mata sangatlah tipis dan rentan terkena kanker kulit. Radiasi sinar matahari yang terkena mata beresiko terkena penyakit mata, seperti: katarak, pterygium yaitu gangguan yang disebabkan jaringan yang melapisi bagian putih mata tumbuh ke dalam kornea.

Bisa juga terkena pingueculum yaitu gangguan mata karena muncul benjolan berwarna kuning pada bagian putih mata atau bisa menyebabkan degenerasi macula. Karena itulah maka sangat penting melindungi dan merawat mata agar terhidar dari penyakit mata, caranya Anda bisa menggunakan kaca mata.

Warna Lensa Kacamata

Memilih warna kacamata sangat penting agar penglihatan tidak terganggu. Kacamata saat berkendaraan bisa menggunakan warna coklat, abu-abu atau hijau. Warna-warna tersebut dapat membantu meminimalisir distorsi warna. Berikut fungsi lensa berdasarkan warna:

Lensa coklat : dapat menyaring sejumlah besar vahaya berwarna biru. Sehingga dapat meningkatkan kontras dan ketajaman. Lensa coklat cocok digunakan bagi Anda yang bekerja atau sedang berada di lingkungan yang berkabut atau tercemar polusi.

Lensa hijau : dapat menyerap panas dan membuat pandangan lebih sejuk. Cocok digunakan saat Anda sedang berjemur di pantai namun tidak cocok saat sedang berkendaraan.

Lensa abu-abu : dapat menyerap secara merata spectrum warna. Dapat melembutkan cahaya ke dalam mata. Lensa warna abu-abu termasuk jenis warna yang netral. Selain itu membantu mengurangi sengatan sinar matahari yang mengarah pada mata.

Kaca mata untuk Perlindungan UVA atau UVB

Karena tujuannya untuk melindungi dari efek sinar matahari (UVA/UVB) maka jangan lupa perhatikan perlindungan yang terdapat pada kacamata. Ini bisa dilihat pada bagian kacamata, biasanya sudah ditulis standard ketentuannya. Lensa yang memberikan perlindungan terhadap sinar matahari memiliki perlindungan UV sebesar 400.

Pilihan Lensa yangTepat

Untuk melindungi daerah mata dan sekitarnya, Anda bisa memilih kacamata wanita yang lensanya besar. Dengan demikian daerah di sekitar mata terlindungi. Namun dianjurkan untuk memilih kacamata yang nyaman saat digunakan seperti: tidak mudah turun atau terlalu kecil. Kaca mata yang pas selain nyaman bisa melindungi cahaya matahari masuk dari atas.

Demikian pembahasan singkat mengenai kacamata wanita yang bisa melindungi dari sengatan matahari. Dari pembahasan tersebut kita bisa mengetahui bahwa kacamata ternyata tidak sekedar asesoris pelengkap penampilan, namun menjadi bagian penting untuk menjaga kesehatan mata Anda. Jadi pintar-pintarlah memilih kacamata yang bisa melindungi dari sengatan matahari.