Kaos adalah pakaian bagian atas yang tidak pernah lekang oleh jaman dan disukai dari generasi ke generasi. Setiap orang baik pria maupun wanita pasti memiliki kaos dilemarinya dalam jumlah lebih dari satu. Kaos menjadi pilihan untuk bergaya santai, digunakan sehari-hari. Saat ini sudah banyak beragam jenis kaos wanita, tidak hanya dari segi bahan namun juga model dan desainnya.

Jika dilihat dari bentuknya kaos dibagi menjadi dua, yaitu kaos lengan pendek dan lengan panjang. Untuk wanita yang menggunakan kerudung, kaos lengan panjang bisa dijadikan alternative berbusana. Selain praktis kaos lengan panjang sekaligus menutupi aurat.  Kaos lengan panjang juga dapat melindungi kulit dari sengatan matahari.  

Sedangkan kaos lengan pendek cocok digunakan untuk Anda yang tinggal di daerah panas atau saat sedang melakukan banyak aktivitas. Pilih bahan kaos wanita yang adem dan dapat menyerap keringat. Kaos lengan panjang ataupun pendek bisa dikombinasikan dengan cardigan, blazer atau jaket. Bagian bawah bisa menggunakan celana atau rok.

Menambahkan asesoris saat menggunakan kaos bisa menambah cantik penampilan. Selain itu keserasian penampilan bisa karena kaos yang digunakan sesuai dengan bentuk tubuh. Berikut Tips memilih kaos sesuai bentuk tubuh:

kaos wanitaPilih Ukuran yang Pas

Kaos tersedia dalam berbagai macam ukuran, ada S, M, L, XL, XXL. Dengan adanya kode ukuran pada kaos membantu Anda memilih kaos berdasarkan besar atau kecilnya ukuran badan. Penting untuk Anda ketahui kaos wanita dan pria berbeda desainnya.

Jika sekilas bentuk semua sama. Namun sebenarnya desain kaos wanita berbeda dengan kaos pria. Kaos khusus laki-laki bentuknya lurus dari bahu ke pinggang sedangkan kaos untuk wanita bentuknya sedikit melengkung dibagian pinggang, membuat tubuh terlihat lebih ramping.

Panjang kaos bisa mempengaruhi bentuk tubuh. Untuk Anda yang memiliki tubuh gemuk sebaiknya jangan gunakan kaos yang panjangnya melebihi bawah pinggul karena bisa membuat tubuh terlihat lebih gemuk. Sedangkan untuk yang badannya kurus jangan menggunakan kaos yang terlalu pendek atau diatas pinggul karena bisa menyebabkan tubuh terlihat lebih kurus.

Perhatikan Jahitan Pundak dan Bentuk Kerah

Memilih kaos yang tepat adalah yang jahitannya sesuai dengan sudut tulang bahu. Jika jahitannya melebihi tulang jadi terlihat kebesaran. Sedangkan jika melebihi bisa terlihat kaos kekecilan. Selain jahitan perhatikan bentuk kerah kaos.

Memilih kerah kaos harus disesuaikan dengan bentuk leher.  Jika leher Anda pendek, gunakan kerah yang bentuknya bulat (scoop neck) atau kerah yang bentuknya V. Sehingga leher lebih terlihat jenjang.

Jika tubuh kurus hindari menggunakan kerah berbentuk V karena bisa membuat tubuh terlihat lebih kurus. Sedangkan bagi Anda yang memiliki leher panjang dengan wajah ramping bisa juga gunakan kerah yang berbentuk bulat (crew neck).  Pilih warna kaos wanita yang motifnya sesuai dengan warna dan bentuk tubuh Anda.