Kemeja Baju Kantor Wanita dari Bahan Batik? Kenapa Tidak?

Budaya di beberapa kantor adalah dengan menggunakan kemeja baju kantor wanita batik pada hari hari tertentu. Biasanya, pada hari Kamis atau Jumat, para karyawan dan karyawati diberi kebebasan untuk menggunakan batik bebas sesuai dengan koleksi yang mereka miliki. Namun tidak sedikit pula yang menggerutu dengan kebijakan ini. Hal ini dikarenakan model baju batik kantor terlihat monoton dan biasa biasa saja. Namun sebenarnya, jika jeli dalam mencari kemeja baju kantor wanita, tidak sulit untuk menemukan model baju batik yang trendi dan kekinian.

Penasaran dengan baju batik wanita yang menarik itu? Berikut beberapa inspirasi untuk Anda.

Kutubaru

Model baju kutubaru akhir akhir ini kembali naik pamor. Beberapa orang memilih menggunakan model kebaya kutubaru pada saat acara penting seperti pernikahan atau pesta. Nah, saat ini kutubaru tidak hanya menjadi model kebaya saja, melainkan juga bisa digunakan untuk model baju kerja biasa.

Khas dari model kutubaru ini adalah adanya dua lis atau pinggiran tepi kain yang berfungsi sebagai kerah, namun memanjang sepanjang bagian tengah baju sehingga menyisakan bagian tengah yang bersih dan berbeda motif dengan kanan kirinya. Selain itu, khas lain dari model kutubaru adalah bentuk kerah yang kotak. Sebagai tips, pilihlah baju kerja model kutubaru dengan lengan yang pendek agar tidak terkesan terlalu formal.


Dress Batik

Kamu pecinta baju kerja model dress atau gamis? Jika iya, kamu paling tidak harus memiliki satu set baju gamis dengan motif batik. Dress dengan motif batik tidak hanya bisa dikenakan saat pergi ke kantor saja, melainkan juga bisa digunakan untuk acara formal lainnya seperti menghadiri pesta pernikahan.

Usahakan saat memilih dress batik, jangan pilih yang keseluruhan dressnya penuh motif. Pilihlah yang setidaknya ada bagian polosnya supaya tidak terlihat aneh. Kemudian, sebisa mungkin hindari memilih dress batik dengan motif yang berukuran besar. Hal ini akan membuat tubuhmu terlihat besar pula. Pilihlah dress batik dengan motif yang cantik, menarik, dan kecil kecil. Selain itu, pilih warna yang tidak terlalu mencolok. Untuk kegiatan harian di kantor, pilihlah warna pastel atau yang cenderung gelap seperti abu abu, hitam, atau biru dongker.


Kimono like batik

Cobalah untuk mencari batik kemeja kantor dengan model menyerupai kimono. Bagaimana model yang menyerupai kimono tersebut? Batik dengan model kimono biasanya memiliki bagian depan yang lebar karena cara penggunaannya adalah dengan menangkupkan kedua sisinya menjadi satu di depan, kemudian diikat.

Nah, agar terkesan modern, kenakanlah belt atau ikat pinggang berukuran kecil untuk mengikat baju tersebut alih alih sekedar menggunakan kain. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan baju dalaman terlebih dahulu agar lebih aman dan tidak tersingkap area sekitar dada. Padankan baju batik ini dengan celana agar terlihat semakin matching.


Peplum

Baju model peplum ini sebenarnya sudah cukup lama booming. Namun tidak ada salahnya untuk mengoleksi batik dengan model peplum ini. Kelebihan baju dengan model peplum ini adalah mampu menyamarkan bentuk tubuh dengan panggul yang besar.

Bagi orang dengan ukuran pinggang relatif normal, namun panggul yang cukup besar, keberadaan baju model peplum ini sangat membantu karena akan menyamarkan bentuk panggul yang besar itu. Hal ini karena point of interest dari baju ini adalah pada lekukan di pinggang. Jika menggunakan baju model peplum, pilihlah bawahan berupa celana atau rok span agar tidak overlap dengan bentuk peplum yang mengembang di bagian pinggang ke bawah.