Sekarang kemeja wanita tidak selalu digunakan untuk acara formal atau pakaian kerja saja. Seiring perkembangan fashion yang sangat pesat, kemeja mulai bertransformasi menjadi pakaian yang bisa digunakan kapan saja dan di mana saja. Dengan demikian semakin memudahkan memilih kemeja sesuai dengan kebutuhan.

Memilih kemeja tidak begitu berbeda dengan memilih pakaian lainnya, yaitu mengutamakan faktor kenyamanan dan keserasian agar dapat meningkatkan rasa percaya diri. Nah, berikut ini beberapa panduan yang bisa Anda ikuti  saat memilih kemeja.

Baca juga: Tips Memilih Kemeja Wanita Yang Tepat

Pilih Ukuran Kemeja Yang Sesuai

Memilih kemeja wanita sudah tidak perlu repot lagi karena sudah banyak kemeja yang khusus di desain menyesuaikan tubuh wanita. Nah pastikan ukuran kemeja sesuai dengan bentuk tubuh, hindari memilih kemeja yang terlalu kecil ataupun terlalu besar.

Menggunakan kemeja yang terlalu kecil bisa membuat Anda tidak nyaman, sedangkan jika terlalu kebesaran malah membuat penampilan terlihat tidak rapih, tidak modis dan tidak fashionable.

Pilih Warna Kemeja Sesuai Dengan Warna Kulit Dan Bentuk Tubuh

Warna kulit wanita bermacam-macam, ada yang kuning langsat, sawo matang, putih hingga gelap. Warna kulit mempengaruhi kemeja yang digunakan. Itulah mengapa memilih kemeja harus sesuai dengan warna kulit agar tidak terlihat kontras.

Jika Anda bertubuh gemuk bisa gunakan kemeja warna gelap seperti: hitam, abu-abu tua, navy yang bisa memberikan kesan lebih ramping. Sedangkan untuk wanita bertubuh kurus bisa gunkanan warna warna terang natural agar tubuh terlihat lebih padat berisi.

Pemilihan Motif Dan Warna Yang Dapat Menunjang Bentuk Tubuh

Pemilihan motif kemeja menjadi poin yang tidak kalah penting diperhatikan. Motif pada kemeja harus sesuai dengan postur/ bentuk tubuh dan warna kulit. Jika tubuh Anda gemuk bisa pilih corak yang ukurannya kecil/ sedang atau corak dengan arah vertikal. Corak dan ukuran motif tersebut bisa membuat tubuh terlihat lebih langsing.

Berbeda dengan yang bertubuh gemuk, untuk wanita yang bertubuh kurus sebaiknya memilih motif yang ukurannya besar dan corak horizontal karena bisa membuat tubuh terlihat lebih padat berisi.

Pilih Bahan Kemeja Yang Nyaman

Pilih bahan yang nyaman digunakan, contohnya bahan katun yang mudah menyerap keringat. Selain itu, jika Anda melakukan kegiatan di luar rumah lebih baik gunakan kemeja yang bahannya adem, dingin di kulit. Jangan memilih kemeja hanya karena modelnya saja, namun pertimbangkan juga faktor kenyamanannya.

Semoga tips memilih kemeja wanita di atas dapat membantu Anda memilih kemeja yang tepat. Dengan demikian kesalahan memilih kemeja dari segi warna, ukuran, motif dan bahan tidak akan terjadi. Semoga artikel ini dapat menambah informasi khususnya bagi Anda yang sedang mencari/ akan membeli kemeja untuk wanita.