Dalam agama Islam memang ada ketentuan dimana seorang wanita harus berpenampilan secara tertutup, salah satunya adalah dengan mengenakan hijab. Sejalan dengan hal tersebut belakangan ini memang kian banyak diantara pilihan busana muslim yang dijual di pasaran, desain lebih beragam dan juga cantik, memungkinkan Anda untuk lebih nyaman di dalam mengenakan busana tersebut, tanpa takut ketinggalan zaman.

Hanya saja bagi beberapa orang yang masih pemula dalam memakai hijab terkadang masih belum dapat memadu-padankan secara tepat busana yang mereka kenakan, sehingga hasilnya juga kurang sempurna. Padahal sebenarnya tak kalah dengan jenis busana biasa, maka busana untuk kaum muslimah ini sendiri juga dapat dikreasikan sesuai dengan keinginan, menggunakan berbagai macam pilihan model dan juga warna-warna cantiknya. Tak menutup kemungkinan juga gayanya akan nampak lebih oke dibandingkan dengan Anda menggunakan busana biasa.

Baca juga: Busana Muslim Dan Hijab Modern Masa Kini

Pertimbangan penting lainnya bagi yang memang masih pemula dalam mengenakan busana tertutup. Maka utamakan kenyamanan, pilih bahan yang mudah menyerap keringat dan juga terasa dingin digunakan, sehingga tidak membuat Anda menjadi kegerahan ketika memakainya di siang hari. Adapun setidaknya beberapa jenis busana muslim yang juga wajib Anda ketahui, diantaranya adalah:

  1. Kaftan, baju muslim yang satu ini sangat populer di pasaran, umumnya memiliki bentuk yang lebar sehingga nampak seperti sebuah jubah, bisa dipadukan dengan model hijab biasa maupun memadukannya dengan selendang, dapat disesuaikan dengan selera konsumen sendiri. Belakangan ini model dari busana tersebut juga kian bervariasi, salah satunya adalah di bagian tengah yang memiliki bentuk melebar layaknya sayap.
  2. Gamis, khusus untuk Anda yang senang dengan tampilan busana yang simpel namun tertutup, maka bisa mempertimbangkan model yang satu ini. Gamis belakangan ini hadir dalam tampilan yang kian cantik, motif bervariasi begitu juga dengan pilihan warnanya, bahkan tak hanya orang dewasa yang banyak memakainya, melainkan juga anak-anak dan juga remaja. Karena model kian menyesuaikan dengan usia. Dapat dipadukan dengan model jilbab apapun.
  3. Abaya, gamis yang satu ini memang khas orang-orang Timur Tengah yang memiliki bentuk A-line, yaitu semakin kebawah akan semakin melebar, model ini identik dengan warna-warna gelap seperti diantaranya adalah hitam, namun jangan khawatir karena meskipun hitam tetap ada look berbeda, diantaranya adalah dengan menambahkan adanya renda-renda dan juga bordiran, tergantung dari pilihan bahannya juga.

Pada dasarnya memang penting mengenal jenis-jenis busana muslim ini sehingga nantinya Anda tak salah dalam memilih, tentukan jenisnya kemudian beralih pada desain atau model. Memilih busana untuk muslimah sebaiknya juga jangan yang ukurannya terlalu fit body, karena berbusana tertutup, namun tetap memperlihatkan lekuk tubuh sebenarnya tak sesuai dengan syariat islam.