Menggunakan pakaian atau busana yang memiliki bahan yang berkualitas dan juga yang membuat mereka nyaman, sehingga apa pun yang mereka lakukan mau pun kerjakan pastinya akan terasa sangat maksimal dan juga tidak merasa terganggu. Berbagai bahan pun sekarang ini sudah dipergunakan untuk membuat pakaian-pakaian yang berkualitas yang dimana dapat memuaskan para penggunanya. Salah satu bahan yang paling sering dipergunakan untuk membuat pakaian-pakaian berkualitas dan juga terbilang salah satu bahan yang dinilai eksklusif serta bergengsi adalah kain sutera. Dinilai sangat berkualitas karena dibuat secara alami oleh jenis ulat sutera dan dibuat dengan teknik yang sangat halus. Meski harga yang dibanderol untuk satu potong pakaian yang dibuat dengan menggunakan bahan kain ini biasanya cukup tinggi. Namun sekarang ini karena bahan tersebut dapat dikombinasikan dengan bahan lainnya, maka harganya pun sekarang ini sangat terjangkau.

Kenali Kain Sutera yang Asli dengan Mudah dari Melihat Ciri-cirinya Ini!

Sekarang ini, karena bahan yang satu ini sudah dapat dikombinasi oleh berbagai bahan lainnya, sering kali ada pihak atau oknum yang ingin mengambil keuntungan dari hal tersebut. Ada yang menjual pakaian yang terbuat dari 100% sutera, namun nyatanya pakaian tersebut dibuat dengan menggunakan bahan kombinasi lainnya dan dijual dengan harga yang begitu tinggi. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui apakah pakaian tersebut benar-benar terbuat dari bahan sutera asli atau tidak. Sutera dibuat dari 2 jenis yang berbeda, antara lain:

  • Dibuat dengan Tangan

Kain sutera yang dibuat dengan menggunakan tangan ini biasanya memiliki tekstur yang sedikit terasa kasar, lebih tebal, mudah kusut, namun tetap saja Anda bisa merasakan kelembutannya ketika digunakan. Menggunakan pewarna yang terbuat dari bahan alami sehingga warnanya pun terlihat lebih natural dan mengesankan. Jenis ini biasanya dijual dengan harga yang cukup mahal karena persediaannya sangat terbatas, serta ukurannya pun lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis yang dibuat dari mesin tenun.

  • Dibuat dengan Mesin Tenin

Jenis terakhir dari sutera yang asli adalah sering dibuat dengan menggunakan mesin tenun, yang dimana memiliki tekstur yang lebih halus serta terasa sangat lembut. memiliki corak yang biasanya sama karena dibuat dengan jumlah yang banyak. Setiap kain atau pakaian yang dibuat dengan cara ini biasanya memiliki hasil yang lebih bagus karena dibuat dengan menggunakan teknik pembuatan yang begitu canggih.

Baca juga Berikut Adalah 4 Jenis Kain yang Adem di Kulit dan Mudah Menyerap Keringat

Untuk lebih ringkasnya, Anda bisa mengetahui jika kain sutera yang asli jika memiliki ciri-ciri ini:

  • Kainnya tidak terasa licin serta warna kain juga tidak mengkilap.
  • Yang asli kainnya tidak gampang kusut.
  • Yang asli terlihat berserat dan ketika dilipat pun tidak akan meninggalkan bekas.
  • Untuk mengetahui asli atau palsu, bakar sedikit serat benangnya. Jika asli, maka baunya akan seperti rambut yang terbakar.