Jam tangan merupakan aksesoris yang seolah sudah wajib dimiliki dan dipakai oleh para pria. Saat pria sudah mengenakan tampilan super keren dari ujung kepala hingga kaki, namun lupa dengan arlojinya, maka tampilan keren itu seolah kurang sempurna bagi pria. Memang dapat diakui karena aksesoris untuk pria tidaklah sebanyak wanita sehingga menjadikan arloji ini adalah benda yang amat penting digunakan pria.

Saat ini arloji bukan hanya sebagai penunjuk waktu saja, namun maknanya sudah lebih dari itu dimana arloji memiliki fungsi yang lebih meluas dan kompleks. Arloji pun mampu menjadi penunjuk karakter sesuai dengan pemilihan jenis arlojinya, penunjuk status sesuai dengan harga arloji hingga penunjuk fashion sesuai dengan model arlojinya. Tak heran jika para konglomerat dunia hampir selalu menghiasi tangannya dengan arloji merek ternama dengan model baru dan bahkan bertahtakan emas permata.

Baca juga: Tips Memilih Jam Tangan Keren untuk Wanita sebagai Hadiah

Namun kadang para pria juga melakukan kesalahan dalam penggunaan jam tangan ini. Biasanya kesalahan itu adalah dikarenakan oleh beberapa hal berikut ini:

  • Tidak sesuai acara

Banyak pria memakai arloji tanpa tahu menyesuaikannya dengan acara yang akan dihadiri. Misal saja jam bertali stainless steel yang Dipakai justru digunakan untuk kegiatan outdoor dimana tidak tepat. Meskipun memang arloji anti air, namun aktivitas keras di outdoor beresiko merusak bahan stainless arloji Anda. Oleh karena itu pastikan sesuaikan jenis arloji dengan acara yang akan dihadiri misalnya bahan rubber untuk aktivitas outdoor, bahan canvas untuk acara kasual dan santai, bahan leather untuk acara formal sedangkan bahan stainless steel sangat disarankan pada acara formal juga.

  • Terlalu banyak aksesoris

Terkadang terlalu banyak pemakaian aksesoris juga jadi kesalahan. Sebetulnya ketika memakai arloji lalu ditambah gelang tetap cocok, namun Anda juga jangan sampai berlebihan dalam memakainya. Gunakan maksimal 2 gelang di tangan yang sama dan jangan lebih dari itu karena terkesan aneh.

  • Terlalu longgar

Tentu Anda tahu benar jika arloji tidak sama dengan gelang. Oleh karena itu pemakaiannya pun harus dipakai pas di pergelangan tangan. Untuk itu jangan terlalu ketat namun juga jangan terlalu longgar.

  • Ukuran jam tidak sesuai

Ketika Anda membeli arloji, maka pastikan jika Anda membeli jam yang strap dan modelnya yang sesuai bentuk tangan Anda. jika pergelangan kecil, maka cocok memakai arloji kecil, dan begitu pula sebaliknya.

Kesalahan pemakaian jam tangan tersebut jangan sampai Anda lakukan. Hal ini demi menjadikan tampilan Anda sempurna dan modis. Arloji merupakan benda penting yang harus Anda miliki sebagai seorang pria. Milikilah minimal 2 jam berbeda sehingga bisa Anda ganti-ganti dalam pemakaiannya.