Anak kecil selalu ingin tampil cantik dan lucu untuk menarik perhatian orang tua serta teman-temannya. Para orang tua tanpa dimintapun memberikan semua perlengkapan yang dibutuhkan agar si kecil bisa tampil maksimal. Sayangnya perlengkapan anak seperti baju dan aksesoris lainnya justru lebih mahal dibandingkan dengan perlengkapan orang tua. Padahal anak gampang sekali bosan seperti pada penggunaan kerudung yang kebanyakan terlalu cepat ingin ganti model atau warna. Jika Anda ingin memberikan kerudung anak yang baru namun sayang ketika harus membuang kerudung lama, maka penambahan ornamen berikut ini bisa dilakukan untuk membuat kerudung lama tampak baru dan lebih menarik.

  • Bordiran.

Jika Anda berkunjung ke toko pernak-pernik atau toko jahit besar, Anda bisa menemukan aneka bordiran yang memiliki bentuk-bentuk lucu. Harga bordiran kecil tersebut sangatlah murah dibandingkan jika Anda membuatnya sendiri. Pilihlah mana yang sesuai untuk jenis dan warna kerudung tertentu kemudian pasangkan pada kerudung dengan cara di jahit. Jangan hanya menempel satu buah bordir saja, namun tempellah beberapa agar kerudung menjadi lebih semarak. Namun pilihlah jenis kerudung dengan warna polos agar motifnya tidak terlalu ramai dan bertabrakan.

  • Renda.

Renda panjang dan indah menjadi alternatif yang baik untuk menghias kerudung anak. Pilihlah warna renda yang kontras dengan warna kerudung sehingga lebih semarak. Bagian yang bisa Anda tambahkan renda adalah tepi bawah kerudung, tali kerudung dan tepi muka kerudung.

  • Manik-manik.

Untuk kerudung model yang lain, bisa Anda tambahkan manik-manik sehingga lebih glamour. Sebelum ditempel buatlah terlebih dahulu motif manik-manik yang akan dibuat misalnya motif bunga atau motif kupu-kupu. Setelah mendapatkan motif yang diinginkan, tentukan terlebih dahulu titik tengah pemberian manik-manik pada kerudung. Untuk motif besar, Anda bisa menambahkannya di bagian tengah belakang kerudung.

  • Kain perca.

Kain perca yang telah dibentuk dengan bentuk yang lucu juga akan menjadi hiasan yang menarik untuk kerudung untuk anak. Jika memungkinkan, buatlah tema tertentu untuk satu buah kerudung misalnya tema bunga-bunga atau tema huruf. Tempelkan kain perca menggunakan jahitan dengan rapi sehingga tidak tampak seperti kain sisa.

Cara-cara di atas bisa digunakan untuk mengubah tampilan kerudung lama anak menjadi kerudung baru yang menarik. Anda bisa memilih terlebih dahulu kerudung mana yang bisa ditempeli manik-manik atau mana yang lebih cocok ditempeli renda. Semakin baik dan banyak kreasi yang diciptakan maka pastinya kerudung anak akan tampil lebih baik daripada ketika Anda baru membelinya. Kreasi ini juga bisa menghemat pengeluaran jika Anda membeli kerudung polos kemudian menambahkan ornamen tersendiri sesuai dengan selera anak. Namun untuk beberapa ornamen memerlukan cara mencuci yang khusus agar tidak mudah lepas seperti pada ornamen manik-manik dan renda.