Memilihkan baju untuk anak perlu perhatian ekstra disebabkan anak-anak lebih mudah merasa tidak nyaman dan sering bergerak aktif sehingga perlu baju yang tidak mengganggu aktivitas anak, termasuk jenis busana muslim. Biasanya anak-anak akan menggunakan baju muslim tersebut untuk aktivitas atau saat tertentu misalnya saat pergi ke TPA, hari raya atau menghadiri acara yang penting, seperti pernikahan. Untuk memilih baju muslim yang tepat untuk anak Anda, kiat-kiat berikut bisa membantu Anda.

Pertama adalah pilihkan baju yang tidak terlalu pas di badan anak atau yang ukurannya besar. Sesuai dengan syariat Islam, baju tidak boleh menampilkan lekuk tubuh. Walaupun masih anak-anak, selain bertujuan untuk membiasakan anak agar tidak menggunakan baju yang terlalu pas di badan namun juga agar anak lebih leluasa tidak hanya untuk bergerak namun juga untuk bernafas dan menurunkan resiko iritasi karena baju yang bergesekan dengan kulit misalnya di pergelangan dan juga di daerah lipatan siku.

Kedua adalah pilih jenis baju yang menggunakan bahan yang mudah untuk menyerap keringat. Walaupun anak-anak menggunakan busana muslim, namun hal tersebut tidak menghalangi aktivitas anak untuk bermain misalnya berlari-larian. Karena hal tersebut, agar anak tetap nyaman dan tidak terlalu gerak saat beraktivitas, maka sebaiknya pilih jenis bahan yang mudah menyerap keringat misalnya jenis bahan dari katun.

Ketiga adalah sesuaikan dengan model, warna dan motif yang disukai oleh anak. Banyak jenis model pakaian muslim yang ada di pasaran saat ini yang bisa dipilih dan digunakan oleh anak. Agar baju muslim tersebut digunakan oleh anak, maka Anda harus tahu terlebih dahulu jenis baju yang disukai oleh anak misalnya dilihat dari warnanya. Selain itu, Anda bisa memilih jenis baju muslim berdasarkan pada motif ataupun karakter yang tercetak di baju muslim tersebut. Ada beragam jenis motif dan karakter misalnya karakter bunga yang bisa dipilihkan untuk anak perempuan Anda, atau baju yang memiliki gambar mobil yang cocok untuk anak laki-laki Anda.

Keempat adalah pilih sesuai dengan usia. busana muslim bisa dipilihkan berdasarkan usia anak sehingga anak tidak terlihat terlalu dewasa atau terlalu kekanakan dibandingkan dengan usia yang sebenarnya. Untuk anak yang memiliki usia di bawah 5 tahun, Anda bisa memilihkan baju yang tidak terlalu banyak aksesoris seperti mote, bross atau yang lainnya dengan tujuan agar anak tidak memasukkan aksesoris tersebut ke mulutnya dan agar tidak aksesoris ataupun motif tambahan tersebut tidak melukai anak. Semakin besar usia anak, pilihkan jenis baju muslim yang tidak terlalu banyak menggunakan motif misalnya motif kartun. Jangan lupa untuk mengajak anak Anda saat berbelanja sehingga anak Anda bisa memilih baju muslim mana yang diinginkan agar bisa digunakan secara terus menerus.