Sepatu merupakan item fashion yang kerap kali dikoleksi oleh kaum hawa, di setiap acara yang berbeda pastinya jenis sepatu yang digunakan juga harus berbeda. Apalagi jika dilihat di pasaran ragam jenis yang dijual juga begitu banyak, tak sebatas high heels atau sepatu hak tinggi saja, justru lebih banyak diantaranya kaum hawa atau wanita yang memilih untuk membeli sepatu flat atau flat shoes dibandingkan dengan sepatu berhak tinggi.

Kiat Memilih Sepatu Flat yang Nyaman dan Tidak Menyebabkan Kaki Lecet

Meskipun dari segi penampilan memang tak memberikan look atau kesan tubuh yang lebih tinggi, kenyataannya flat shoes ini jauh lebih nyaman digunakan juga tak akan memberikan dampak pada kesehatan mereka. Di pasaran sendiri jika melihat dari segi pilihan modelnya sendiri terbilang cukup banyak. Hanya saja juga jangan asal dalam memilih, mengingat sering kali mungkin diantara Anda yang terlalu lama menggunakan sepatu flat ini maka kaki juga beresiko lecet, ini karena kesalahan pemilihan.

Berikut ini diantara beberapa tips dalam memilih yang nyaman, yaitu:

  1. Pilihlah ukuran yang pas dengan kaki Anda, lebih disarankan untuk membeli flat shoes ini di sore hari, karena pada saat tersebut kaki berada dalam volume maksimal, sehingga nantinya bisa tau ukuran mana yang tepat untuk Anda, coba juga secara langsung untuk memastikan bahwa sepatu tersebut pas dipakai.
  2. Pilih yang sol bawahnya tak terlalu tipis, semakin tipis bagian sol bawah, selain berpotensi untuk mudah berlubang ketika digunakan, juga sering kali menyebabkan bagian telapak kaki mudah pegal ketika digunakan untuk berjalan, meskipun tidak terlalu lama. Jadi dianjurkan untuk memilih ukuran sol yang paling ideal, tak begitu tipis untuk dipakai.
  3. Lebih baik pilih sol yang terbuat dari bahan karet berkualitas, akan lebih nyaman lagi berjalan dengan menggunakan flat shoes jika seandainya sol dari sepatu tersebut terbuat dari bahan dasar karet yang lembut, bukan karet yang kasar, sehingga memberikan rasa nyaman di telapak kaki, bahan karet ini juga akan membuat sepatu lebih awet meskipun sering digunakan.
  4. Beli yang sesuai dengan bentuk kaki, ada produk flat shoes yang memiliki bentuk meruncing di bagian depannya, ini lebih cocok bagi mereka yang memiliki kaki lancip atau panjang, kurang cocok digunakan oleh pemilik kaki besar. Jadi meskipun banyak pilihan model belum tentu semuanya cocok untuk kaki Anda.
  5. Pilihlah bahan sintetis yang nyaman dan lembut, khususnya bagian untuk belakang kaki dan juga pinggir kaki yang paling sering lecet, karena sepatu dibuat dari bahan yang keras.

Baca juga: Ketahui Alasan Banyak Orang Lebih Suka Sepatu Flat

Mudah bukan memilih sepatu flat yang tepat, jadi aktivitas juga kian nyaman meskipun harus berjalan kaki untuk waktu yang lama, tak akan menyebabkan kaki lecet.