fashionarsis.com-gaya berpakaianJepang adalah negeri yukata. Jepang merupakan negara yang dikenal dengan dunia fashion nya. Gaya berbusana yang unik membuat masyarakat kagum. Gaya berpakaian sudah sampai ke negara Eropa dan Amerika Serikat. Tidak hanya gaya berbusananya saja, tetapi juga dandanan, aksesoris, dan segala pernak-pernik nya. Gaya fashion yang populer adalah street fashion dan harajuku.

Gaya fashion negara Jepang memang menjadi perhatian dunia. Style fashion di negara Jepang mempunyai berbagai macam aliran fashion. Aliran fashion yang mewarnai kota Shibuya membuat menarik dan enak untuk dipandang. Kimono dan yukata menjadi salah satu ciri khas negara itu. Baju tradisional saja keren dan masih diminati sampai sekarang di semua kalangan di berbagai penjuru dunia.

Aliran-aliran fashion yang ada di Jepang menjadi inspirasi bagi perkembangan fashion di dunia. Aliran-aliran fashion yang sampai sekarang ada, antara lain:

  • Lolita,
  • Ko Gal,
  • Dekora style,
  • Otaku style,
  • Gyaruo style,
  • Visual Kei,
  • Cosplay.

Aliran fashion tersebut menjadi sorotan dunia, bahkan merupakan fashion terunik dan nyeleneh. Aliran fashion wanita Jepang yang masih eksis di tahun ini, antara lain:

Lolita merupakan aliran fashion dengan gaya dandanan seperti seorang putri di negeri dongeng. Aliran ini biasanya mereka yang menggunakan gaun pendek atau rok yang mengembang dan penuh renda. Lolita style mempunyai tiga jenis diantaranya:

  • Gothic Lolita, biasanya warna gaun dominan hitam.
  • Sweet Lolita, biasanya warna gaun memakai warna pastel dan ditambah dengan aksen renda.
  • Punk Lolita, biasanya menggunakan aksesoris misalnya rantai, spikes, manik-manik hitam.

Baca juga: Cara Mencari Referensi Fashion Terbaru

Ko Gal merupakan aliran fashion yang berdandan seperti layaknya anak kecil. Aliran ini biasanya mereka dengan menggunakan rok supermini, kulit hitam, ditambah dengan kaos kaki yang kedodoran. Biasanya menggunakan baju seragam sekolah ala Jepang. Sedangkan Dekora Style merupakan aliran dengan gaya berpakaian yang eksentrik. Biasanya gaya aliran ini membawa tas yang berisi aksesoris. Mereka menggunakan aksesoris buatan sendiri.

Aliran fashion pria Jepang yang masih eksis di tahun ini, antara lain adalah Gyaruo Style merupakan aliran fashion pria muda Jepang dengan gaya pakaian mahal, parfum mahal, dan tata rambutnya ala eksekutif muda. Visual Kei juga merupakan aliran fashion pria Jepang namun lebih mirip musisi rock, gaya ini biasanya memakai tata rambut androgini.

Musim awal tahun 2016 adalah musim dingin. Fashion yang digunakan masyarakat Jepang biasanya lebih mengarah ke outwear, seperti mantel. Gaya fashion ini merupakan gaya jalanan yang disebut sport mix. Gaya sport mix merupakan perpaduan antara gaya sport dan metro. Pakaian yang dikenakan seperti mantel yang dipadukan dengan jeans corak acid wash, beanie, atau cropped atas. Anda yang ingin tampil elegan dan ramping bisa mengenakan sweater lembut yang dipadukan dengan rok ketat pensil.

Bagi Anda yang mempunyai kegemaran touring, cobalah dengan mengenakan jaket kulit vintage dengan warna cream yang bisa dipadukan dengan jeans atau rok. Untuk musim dingin, biasanya mengenakan jaket mantel duffle dan chester coat. Atau bagi yang suka tampil casual dan minimalis, biasanya chester coat dengan kerah mantel melebar hingga setengah badan yang dipadukan dengan jeans atau rok juga cocok.

Meniru gaya fashion manapun boleh saja, asalkan nyaman dan pantas dipakai di segala suasana. Seperti menggunakan busana Melva Fusia dengan bahan jersey atau twiscone untuk atasan dipadukan dengan rok atau celana skinny. Penggunaan blazer dua motif dengan kerah melebar akan memberikan kesan gaya berpakaian ala Jepang di musim dingin. Selamat mencoba!