fashionarsis.com_model baju batikSemakin lama makin banyak fashion luar yang masuk ke dalam negeri, hanya saja hal tersebut tak lantas membuat identitas bangsa terkait dengan fashion juga luntur, bahkan semakin menguatkan nya. Salah satu bentuknya adalah dari kain khas Indonesia yaitu batik. Siapa sih masyarakat Indonesia yang tak mengenal kain ini. Ia memiliki lukisan yang sangat cantik dengan beragam pilihan warna. Bahkan hampir setiap daerah memiliki batik khasnya sendiri-sendiri. Kini model baju tersebut semakin berkembang dengan banyaknya desainer muda yang menciptakan tampilan terbaru. Model baju batik tentunya tak hanya cocok untuk acara formal saja, melainkan juga keseharian Anda.

Pilihan tetap untuk tetap melestarikan budaya bangsa. Sayangnya banyak diantara anak muda yang sudah tak tertarik mengenakan busana batik lagi, salah satu alasannya karena motif dan warna yang ditawarkan membuat tampilan mereka nampak seperti orang tua. Padahal sebenarnya tidak. Berikut ini sedikit tips yang dapat Anda gunakan untuk tetap tampil fashionable menggunakan batik tanpa rasa takut terlihat lebih tua, diantaranya adalah:

  • Pilihlah model kimono atau batwing, model baju batik yang satu ini sekarang cukup populer. Tak hanya cocok untuk keseharian saja, melainkan juga Anda yang akan berpesta. Batwing ini memiliki tampilan seperti sayap. Hanya saja dengan paduan bawah yang fleksibel, bisa Anda tambah dengan celana maupun rok pendek. Dengan tambahan aksesoris kalung akan membuat tampilan Anda nampak lebih sempurna.
  • Warna-warna cerah juga menjadi trend saat ini, umumnya tampilan Anda terkesan lebih tua memang dengan menggunakan warna bumi, diantaranya adalah hitam, hijau lumut dan juga cokelat. Cobalah dengan batik dengan warna cerah semacam merah atau juga kuning, gradasi yang tetap estetik namun memberikan kesan jauh lebih muda.

Baca juga: Bermain Warna untuk Model Baju Batik Wanita

  • Batik bahan satin, selain dengan kain-kain biasa, beberapa model seperti batik cap sekarang ini banyak ditorehkan dalam bahan-bahan satin. Tampilannya berkilau dan ada kesan lebih mewah, keuntungan lain dengan menggunakan busana ini adalah tahan lama. Sesering apapun Anda mencucinya ia tetap tampak seperti baru.
  • Rok batik juga sangat cocok untuk digunakan, tak hanya atasan saja, sekarang ini rok juga banyak yang diaplikasikan dengan kain tradisional Indonesia tersebut. Hanya saja hindari pemilihan yang terlalu panjang karena akan nampak seperti baju formal. Untuk kebutuhan fashion harian cukup dengan rok pendek selutut.

Selain dengan pemilihan model berikut ini juga ada beberapa tips padu padankan busana menggunakan batik yang bisa Anda coba, diantaranya adalah:

  1. Untuk tampilan dengan celana jeans sebaiknya gunakan baju batik yang model lengannya pendek.
  2. Bagi baju dengan warna yang mencolok sebaiknya hindari bawahan yang juga senada, ini akan mematikan tampilan Anda. Tak ada salahnya untuk memilih jeans dengan warna-warna bumi agar nampak lebih fresh.
  3. Bagi pemilik kulit berwarna gelap hindari menggunakan baju batik yang gelap juga. Gradasi nya justru akan memperkusam tampilan Anda. Lebih dianjurkan menggunakan batik yang full color agar lebih cantik.
  4. Pilihlah salah satu motif berbatik untuk tampilan, jika Anda mengutamakan atasan sebaiknya hindari bagian bawahan, sebaliknya jika rok yang dikenakan sudah batik maka gunakan atasan polos, hal ini berguna untuk membuat tampilan jauh dari kesan formal.

Dengan banyaknya model baju batik sekarang ini memudahkan juga padu-padan bagi Anda, melestarikan budaya dengan mudah hanya dalam tampilan fashion.