Pria beragama Islam atau muslim tentunya memiliki beberapa potong baju koko di lemari pakaian, dan bisa dipakai di berbagai kesempatan. Selama ini koko menjadi busana muslim yang identik dipakai untuk acara sholat berjama’ah dan menghadiri sebuah kajian keagamaan. Akan tetapi kalau mau belajar memakai koko tersebut ternyata aman-aman saja dipakai ke berbagai acara. Tidak perlu ragu memakainya untuk acara jalan-jalan santai bersama keluarga ataupun sahabat dekat. Kemudian cocok pula dipakai untuk keseharian di rumah tentunya perlu memilih model dan bahan yang nyaman.

Menjadikan Koko Lebih Awet

Koko atau busana muslim memang identik dengan sentuhan religius, kalau Anda punya beberapa koleksinya maka rajinlah dirawat. Berikut merupakan beberapa bentuk perawatan baju muslim tersebut yang baiknya tidak terlupa untuk dilakukan:

Baca juga: Berbagai Model Baju Koko Terbaik yang Bisa Anda Pilih Agar Tampil Lebih Menawan

  • Atur jadwal pemakaian koleksi koko Anda,

Baju jenis koko ini memang nyaman dipakai karena biasanya terbuat dari bahan katun dan ukurannya agak longgar. Meski nyaman baiknya tidak terlalu sering dipakai karena bisa membuatnya mudah rusak, terutama pada kualitas warna dan jahitan. Baiknya atur jadwal pemakaian koleksi koko Anda supaya bergantian dan terawat baik.

  • Pisahkan warna koko sebelum dicuci,

Pencucian baju koko pun baiknya dilakukan dengan perhatian penuh, sebab tidak bisa dicuci sembarangan kalau ingin membuatnya awet. Kebanyakan orang beranggapan akan lebih baik mencucinya dengan cara dicampur supaya efisien. Padahal untuk mempertahankan warna koko Anda penting untuk memisahkan warna antara yang cerah dengan warna putih. Kalau koko Anda ternyata luntur segera pisahkan ke ember lain dan dicuci terpisah, supaya warnanya tidak menular ke koko lain.

  • Cuci dengan air biasa dan detergen yang tepat,

Pada saat dicuci baiknya memakai air biasa bukannya air hangat ataupun air panas, karena bisa membuat serat kainnya rusak. Koko kesayangan akan tidak enak dipakai lagi karena bahannya kusut dan meski sudah disetrika tidak juga terlihat rapi. Maka dianjurkan untuk memakai air dingin biasa, baik yang ditampung dulu ke ember atau langsung dikucuri dari kran. Asalkan suhunya biasa maka serat kain akan terawat, kemudian jangan lupa memilih detergen yang tepat supaya kotoran luntur namun tidak dengan warnanya.

  • Simpan dengan cara digantung,

Koko usai dicuci dan benar-benar kering baiknya segera disetrika supaya tetap rapi dan bisa langsung dipakai saat dibutuhkan. Supaya rapi maksimal meski sudah di lemari selama seminggu bahkan lebih maka masukan lemari gantung memakai hanger. Cara ini akan mempertahankan kerapian koko yang Anda miliki dibandingkan kalau disimpan dengan cara dilipat. Pastikan lemari bersih dan kering supaya tidak jamuran dan dirusak hewan pengerat di rumah, kalau diterapkan baju koko pun awet dan tahan lama.