Bagi siapa saja yang berencana belanja kalung emas di toko perhiasan langganan usahakan paham betul bagaimana menentukan pilihan. Sebab kalung dari logam mulia ini banyak dicari orang alhasil banyak pula pedagang yang bermain dengan nakal. Beberapa menyediakan produk cacat sehingga banyak pembeli yang langsung kaget ketika kalung baru dipakai sudah putus atau patah. Belum lagi ada resiko tidak mendapatkan kalung dari emas murni, sehingga hanya membeli perhiasan dari logam biasa dan disepuh dengan lapisan emas yang tipis.

Mau Beli Kalung Emas Baca Dulu 4 Perhatian Ini Agar Tak Salah Beli!

Hal yang Mesti Diperhatikan Saat Belanja Kalung

Rugi bukan? Oleh sebab itu, ketika berkunjung ke toko emas dan berencana memboyong pulang salah satu kalung yang dipajang di etalase. Baiknya perhatikan dulu beberapa pokok penting di bawah ini:

  • Idealnya mencari kalung dari emas murni,

Tidak semua toko perhiasan menyediakan kalung yang terbuat dari emas murni sehingga ada yang berupa logam lalu dilapisi emas. Beberapa juga terbuat dari 50% emas murni dan dikombinasikan dengan logam biasa sehingga cenderung lebih murah. Bagi yang butuh kalung berkualitas baiknya mencari emas murni karena ketahanan dan harga jualnya lebih baik.

  • Mencari yang karatnya paling baik,

Setelah menemukan kalung emas murni maka perhatikan pula berapa karatnya, sebab karat disini menentukan kadar emas dari kalung tersebut. Secara umum karat pada perhiasan emas paling sering dipakai antara 14-22 karat. Beberapa toko perhiasan terkemuka menawarkan kalung dari emas 24 karat yang tentu harganya cukup tinggi. Silahkan memilih sesuai kebutuhan, dan kalau mau awet serta harga jualnya bagus maka minimal ambil yang 18 karat.

  • Memperhatikan model atau desain kalung tersebut,

Perhiasan yang telah dibeli, salah satunya kalung tadi, dijamin tidak hanya akan disimpan manis di dalam kotak khusus. Melainkan juga dipakai untuk menunjang penampilan pada saat menghadiri sebuah acara. Melihat fungsinya juga sebagai pemanis penampilan maka jangan sampai keliru memilih model atau desainnya. Usahakan mencari yang sesuai dengan selera, meskipun desain yang rumit cenderung lebih mahal jadi bisa disesuaikan pula dengan anggaran. Meskipun kalau dijual nanti model rumit cenderung ruginya sedikit, jadi pikirkan dulu masak-masak.

Baca Juga Cara Menyesuaikan Model Kalung Emas yang Dipakai dengan Bentuk Kerah Pakaian

  • Memeriksa kondisi kalungnya,

Bagi Anda yang belum punya pengalaman memilih kalung logam mulia di toko perhiasan baiknya mengajak teman yang lebih expert. Sebab perlu memeriksa kondisi fisik kalung tersebut untuk mengetahui apakah ada bagian hasil sambungan atau tidak. Lantaran banyak orang menjual kalung miliknya karena sempat patah dan disambung dulu baru dijual. Kalau kurang beruntung bisa jadi malah jatuh ke tangan Anda dan dijamin umurnya tidak awet, patah kembali. Maka pastikan kalung emas yang akan dibeli bukan hasil sambungan.