Sepatu sneaker adalh jenis sepatu yang paling banyak disukai baik wanita maupun pria. Bentuknya yang simple dan nyaman pada saat digunakan adalah salah satu alasan mengapa banyak yang menjadikannya sebagai sepatu favorit.

Membersihkan Sepatu Sneaker Berdasarkan Bahannya

Selain itu sepatu sneaker juga bisa digunakan dalam berbagai acara atau bisa digunakan kemana saja mulai dari sekolah, berlibur sampai pada acara yang cukup formal sepatu ini tetap bisa digunakan. Saat ini jenis sepatu ini banyak terbuat dari bahan suede dan kanvas yang tentu memiliki karaktersitik yang berbeda diantara keduanya. Lantas sudahkah kalian tahu cara yang benar dalam membersihkan kedua jenis sepatu ini? atau kalian memperlakukan keduanya secara sama karena tidak mengerti cara merawat berdasarkan pada bahannya ?

Baca juga: Cara Merawat Sepatu Sneakers Yang Benar

Jika kalian masih termasuk orang yang seperti itu maka wajib membaca artikel ini sampai tuntas untuk mendapatkan informasi secara lebih jelas mengenai cara membersihkan sepatu sneakers berdasarkan pada bahannya berikut ini.

  1. Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum membersihkan sepatu adalah dengan menyiapkan peralatan  yang meliputi : sikat yang halus supaya tidak merusak upper, handuk microfiber yang bisa menyerap cairan lebih baik, cairan pembersih sepatu yang khusus hindari menggunakan detergen jika tidak ingin sepatu lebih cepat menguning,air hangat yang membantu dalam mengangkat noda kotor.
  2. Setelah mempersiapkan peralatan maka langkah selanjutnya yaitu melepaskan bagian insole dan tali sepatu agar lebih mudah pada saat membersihkan bagian-bagian sepatu yang lain.
  3. Kemudian langkah yang harus dilakukan adalah membersihkan bagian upper karena biasanya bagian ini tidak terlalu kotor jika dibandingkan bagian luar sepatu. Nah inilah yang perlu dibedakan untuk jenis sepatu bahan suede dan kanvas, keduanya memiliki cara perawatan yang berbeda. Jika bahan suede maka bisa dibersihkan dengan emnggunakan penghapus karet jika tidak terlalu kotor. Namun jika sudah sangat kotor maka harus dibersihkan dengan sikat dengan bulu yang halus tapi jangan terlalu keras agar sepatu sneaker tidak menjadi rusak.

Sedangkan untuk yang terbuat dari canvas maka bisa dibersihkan dengan menggunakan sikat biasa karena jenis ini relatif lebih tahan terhadap gosokan sehingga bahannya tidak akan mudah rusak jika disikat sedikit keras ataupun berbeda arah. Setalah disikat maka langkah selanjutnya adalah mengeringkannya dengan handuk microfiber.

  • Setelah selesai pada bagian upper selanjutnya adalah membersikan midsole dan outsole sepatu yang bisa dibersihkan secara biasa karena memang bahannya karet sehingga tidak akan mudah rusak. Setelah semua dibersihkan maka keringkan di tempat yang teduh dan setelah itu bisa disemprot menggunakan waterproof.

Demikian tadi beberapa langkah yang bisa diterapakan pada saat membersihkan sepatu sneaker berdasarkan pada bahan pembuatannya, gunakanlah cara yang tepat agar sneakers kesayanganmu bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.