Bagi seorang wanita pekerja, gaya dalam berbusana memegang peranan yang sangat signifikan untuk memberikan kesan dan membentuk image dalam diri mereka. Bahkan tak jarang sebagian besar para wanita yang memiliki aktivitas perkantoran, selalu berlomba-lomba dalam mencari berbagai jenis busana untuk mereka aplikasikan dalam gaya berbusana kerja mereka. Feminim merupakan gaya berbusana yang sering banyak ditampilkan oleh mereka para pekerja kantoran sebagai busana kerja yang mereka gunakan dalam keseharian. Selain dapat memberikan kesan dan image yang anggun pada penggunanya. Gaya berbusana ini pada umumnya juga menjadi tuntutan bagi mereka yang bekerja di depan layar. Bagi Anda yang memang tidak menyukai gaya berbusana feminim, mungkin hal tersebut merupakan kendala utama yang terpaksa harus Anda jalankan, demi memenuhi tuntutan kerja. Namun alternatif lain mungkin dapat Anda lakukan dengan menampilkan gaya casual formal dalam busana kerja yang Anda kenakan.

Dengan gaya tersebut, bukan berarti bahwa kita dapat menggunakan pakaian dengan ala kadarnya dan tidak memperhatikan tuntutan berbusana yang ditetapkan oleh perusahaan tempat kita bekerja. Gaya busana formal namun memiliki kesan yang santai dan tetap rapi ini, merupakan gaya padu padan yang dapat Anda ciptakan sendiri, dengan memperhatikan berbagai aspek, terutama tingkat kesopanan dan tuntutan penggunaan baju kerja dari perusahaan. Dengan padupadan yang tepat busana gaya santai pun dapat Anda jadikan sebagai busana kerja formal yang rapi dan sopan.

Berikut ini beberapa pilihan alternatif dan hal yang perlu Anda perhatikan, ketika memilih gaya busana casual sebagai gaya berbusana kerja Anda, yang antara lain adalah:

  • Anda dapat memilih penggunaan celana, blazer dengan dalaman blouse, sebagai gaya santai Anda dalam berbusana kerja.
  • Pemilihan warna natural seperti hitam dan putih mungkin dapat Anda pilih, agar nantinya kesan formal akan lebih Anda dapatkan.
  • Perhatikan bahan pembuatan celana yang Anda kenakan, meskipun bergaya santai, namun penggunaan celana berbahan dasar kain formal, akan lebih dianjurkan untuk Anda gunakan, dan hindari pemilihan celana jeans.

Selain dari segi busana yang Anda gunakan, alas kaki yang Anda gunakan juga memberikan pengaruh pada kesan formal yang ingin Anda tampilkan. Pemilihan alas kaki berhak ataupun flat, dapat Anda lakukan, dengan catatan bahwa alas kaki tersebut merupakan alas kaki formal, yang memiliki warna natural dan tidak bercorak, serta memiliki ukuran yang sesuai dengan ukuran kaki Anda.

Dalam pemakaian busana kerja casual formal ini, hal utama yang harus Anda perhatikan adalah aturan pemakaian busana kerja yang ditetapkan oleh perusahaan. Pastikan bahwa Anda memilih busana kerja tersebut dengan menyesuaikan aturan yang ditetapkan oleh perusahaan, agar nantinya Anda tetap dapat tampil anggun, santai dan mempesona, tanpa melanggar aturan yang ada.