Bagi para wanita yang ingin secara totalitas dalam berhijab, seringkali merasa dilema karena takut tidak menemukan jenis gamis syar’i yang kualitasnya premium sehingga tetap terasa nyaman dan enak dipandang. Seperti yang kita ketahui, gamis yang syar’i merupakan jenis gamis yang berukuran lebih lebar dan lebih besar daripada gamis atau maxi dress biasa. Biasanya memakai gamis yang syar’i dipadukan dengan hijab syar’i pula. Ada gamis yang biasa/standar, ada juga yang memakai bahan kain premium sehingga menghasilkan gamis berkualitas premium juga.

Baca juga: Gamis Syar’i, Pilihan Busana yang Tepat bagi Muslimah Sejati

Ini dia 4 macam bahan kain premium untuk pembuatan gamis syar’i atau khimar jumbo:

  • Diamond-Gorgette Italiano.

Kain premium yang pertama untuk pembuatan gamis khimar adalah Diamond-Gorgette Italiano. Sekilas kain ini memiliki tekstur seperti kulit jeruk namun tidak meninggalkan rasa gatal ketika memakainya. Malah tetap terasa halus dan adem. Teksturnya lentur sehingga dapat dengan mudah menyesuaikan bentuk wajah. Dengan keistimewaan yang cukup baik, membuat kain Diamond-Gorgetter Italiano memang tergolong cukup mahal di pasaran dan masih cukup sulit ditemukan.

  • Hermes silk original (satin Hermes).

Kain sutra/silk Hermes ini adalah jenis kain premium kedua yang masuk ke dalam kategori bahan kain satin, yakni jenis kain yang mana produksinya dengan cara di tenun menggunakan teknik serat filamen sehingga didapat tekstur kain yang menjadi ciri khasnya. Permukaan yang mengkilap ada di bagian belakang ataupun dalam permukaan satin, serta sebaliknya tidak mengkilap. Bahan sutra Hermes ini mempunyai ketebalan kain yang tidak terlalu tebal namun tidak tembus pandang dan tetap lembut nan adem ketika dipakai. Ketebalannya sedikit lebih besar dari jenis kain Roberto Cavalli.

  • Bubble pop.

Dalam penerapannya ke berbagai kerudung atau jilbab, bahan kain populer ini sedang menjadi salah satu trend yang booming di Tanah Air. Di mana dari segi penampilan bahan, kain ini memiliki bahan serta karakter yang serupa dengan bahan diamond. Namun dari segi bentuk serta karakternya nyaris serupa dengan bahan Diamond, hanya saja teksturnya sedikit menyembul dengan corak bubble atau bulat-bulat yang kentara. Selain diterapkan pada gamis, kain Bubble Pop juga digunakan untuk pembuatan pashmina atau jilbab instan.

  • Katun Ima.

Katun memang sudah lebih dulu dikenal sebagai bahan kain terbaik karena terbuat dari 100% serat tumbuhan, ada berbagai macam jenis kain katun yang ada di pasaran, namun yang satu ini paling istimewa dan termasuk ke dalam jenis kain berkualitas tinggi (premium). Katun ima cocok digunakan untuk pembuatan gamis syar’i karena memberikan efek pemakaian yang lembut, adem dan nyaman. Tak hanya itu saja, karakter dan sifat halus yang ia miliki membuatnya cocok dipakai untuk pembuatan gamis dan jilbab.