Peci merupakan salah satu jenis penutup kepala yang biasanya lebih diidentikkan sebagai salah satu bagian dari perlengkapan beribadah, khusus bagi mereka seorang muslim. Penutup kepala ini, biasanya akan memiliki beberapa model yang dapat dipilih oleh seorang pria ketika menggunakan. Seiring dengan berjalannya waktu, penutup kepala ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai perlengkapan ibadah, namun juga dapat digunakan untuk beberapa fungsi lainnya. salah satu jenis peci yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan adalah peci hitam. Peci atau penutup kepala yang secara umum banyak dibuat dari paduan berbagai bahan ini, memang akan menampilkan corak kain beludru pada permukaannya, sehingga kesan bersih dan halus dapat ditampilkan.

Peci dengan warna hitam pekat ini, selain dapat digunakan sebagai perlengkapan ibadah, pada umumnya penutup kepala ini juga banyak digunakan untuk menghadiri berbagai acara formal, yang berkaitan dengan penyelenggaraan berbagai kegiatan kenegaraan, bahkan peci warna hitam ini kerap kali digunakan oleh pejabat negara ketika mereka sedang menghadiri berbagai pertemuan. Tidak terbatas pada pejabat negara saja, peci ini juga menjadi bagian wajib yang harus digunakan oleh pasukan Paskibraka, ketika akan bertugas untuk mengibarkan bendera merah putih, pada saat upacara bendera yang secara rutin diselenggarakan diberbagai wilayah Indonesia.

Selain fungsi seperti yang telah disebutkan diatas, peci hitam yang terbuat dari bahan yang bertekstur beludru ini, juga kerap kali digunakan untuk melengkapi fashion dalam diri seorang pria ketika mereka untuk menghadiri berbagai kegiatan. Adapun fungsi penggunaan lain dari peci tersebut, antara lain adalah:

  • Digunakan oleh seorang pria ketika mereka menjalankan acara ijab kabul ataupun resepsi pernikahan mereka.
  • Penutup kepala ketika seorang pria menggunakan busana adat daerah tertentu, karena memang peci inilah yang menjadi paduan khas busana daerah tersebut.

Peci ataupun yang biasa disebut dengan kopiah hitam ini, seiring dengan berjalannya waktu kini tidak hanya digunakan oleh umat muslim saja ketika mereka beribadah, namun umat beragama lainnya pun, banyak menggunakan kopiah hitam ini ketika mereka menghadiri sebuah acara formal. Bahkan kopiah dengan warna hitam ini, lebih dikenal oleh masyarakat dunia, sebagai penutup kepala yang identik digunakan oleh masyarakat Indonesia. Hal ini sangatlah wajar mengingat para pemimpin bangsa Indonesia terdahulu selalu menggunakan kopiah ini, ketika menghadiri berbagai kegiatan Internasional.

Peci hitam merupakan penutup kepala yang memang telah identik dengan masyarakat Indonesia secara luas, oleh karenanya bagi Anda anak muda Indonesia, tak ada salahnya jika Anda kembali untuk mencoba menggunakan kembali penutup kepala ini, dalam berbagai suasana kehadiran, agar nantinya ciri khas yang merupakan budaya ini tidak akan terlupakan, atau bahkan diklaim oleh masyarakat lain sebagai budaya mereka.