Bordir merupakan salah satu bentuk hiasan pada sebuah kain, yang dibuat dengan menggunakan jarum dan benang, dengan aksen ataupun bentuk pola tertentu. Hiasan ini sendiri oleh masyarakat umum juga dikenal sebagai bentuk sulaman kain. Untuk dapat membuat pola sulaman dengan aksen tertentu inilah para pembuat sulaman biasanya akan menggunakan teknik penyulaman dalam berbagai versi yang berbeda, sesuai dengan tingkat kemampuan yang mereka miliki. secara garis besar, teknik penyulaman akan dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu teknik manual dengan menggunakan tangan ataupun teknik penyulaman otomatis dengan menggunakan mesin. Kedua teknik tersebut akan memiliki hasil penyulaman yang berbeda, dimana meskipun tidak serapi hasil penyulaman mesin, teknik penyulaman dengan menggunakan tangan, pada umumnya akan memiliki nilai artistik yang lebih tinggi.

Mengenal Macam-macam Teknik Bordir

  • Teknik Penyulaman Tangan

Teknik penyulaman ini merupakan teknik tradisional yang banyak dilakukan manusia, dengan menggunakan tangan, jarum serta benang yang berwarna seperti pola gambar yang ingin ditampilkan pada penyulaman tersebut. Untuk mempermudah para pelaku penyulaman dalam melakukan teknik ini, biasanya mereka akan menggunakan sebuah alat yang berbentuk lingkaran, untuk menarik dan mengencangkan media kain, yang akan digunakan dalam menyulam dan membentuk sebuah pola sulam.

  • Teknik Penyulaman dengan menggunakan mesin

Teknik penyulaman yang dilakukan dengan mesin khusus yang memiliki bentuk hampir sama dengan mesin jahit ini, biasanya akan memiliki hasil karya yang lebih rapi dengan waktu pengerjaan yang singkat. Mesin bordir sendiri dapat Anda temukan dalam beberapa versi diantaranya adalah mesin jahit sulam biasa dan mesin jahit sulam dengan menggunakan sistem komputer. Mesin jahit sulam komputerlah yang biasanya banyak digunakan untuk memproduksi bentuk baju ataupun jenis fashion lainnya, yang menghadirkan sulaman didalamnya, dimana pengerjaan akan dapat Anda temukan dalam jumlah yang banyak.

Kedua teknik penyulaman diatas, biasanya akan dilakukan sesuai dengan kebutuhan penggunaan penyulaman yang diperlukan. Untuk dapat melakukan teknik penyulaman tangan, seseorang haruslah terlebih dahulu mengenal berbagai macam jenis tusuk jahit, dan berbagai fungsi pembentukan pola didalamnya. teknik manual dengan menggunakan tangan, biasanya hanya dapat dilakukan oleh mereka yang tergolong sebagai seorang ahli dalam melakukan jahitan sulam.

Baca juga Ulasan Seputar Jenis Bordir, Kelebihan dan Kekurangannya

Sedangkan teknik otomatis dengan menggunakan mesin sulam manual, biasanya banyak ditawarkan oleh mereka yang biasa disebut dengan penjahit rumahan, untuk membuat pola sulam pada pakaian yang mereka produksi dalam jumlah terbatas. Sedangkan teknik penyulaman dengan menggunakan mesin sulam komputer, biasanya akan banyak dilakukan oleh industri konveksi dalam skala kecil hingga besar, dengan jumlah produksi yang cukup besar. Mesin bordir komputer sendiri, merupakan mesin sulam dengan harga yang cukup tinggi, dari mesin lainnya, sehingga sangatlah wajar jika jumlah produk yang dapat dihasilkan akan lebih banyak.