Setiap individu pastinya sangat dianjurkan untuk melakukan olahraga setiap harinya, baik sebentar saja mau pun dalam waktu yang lama. Jenis olahraga yang dapat dilakukan di Indonesia dan juga dilakukan sehari-hari sudah banyak, kebanyakan dari jenisnya dapat Anda lakukan dengan mudah dan tidak memakan waktu banyak. Misalnya, salah satu jenis olahraga yang sangat menyehatkan dan juga tidak membuang waktu yang cukup banyak sehingga mengganggu aktivitas Anda adalah lari. Jenis olahraga yang satu ini bisa Anda lakukan kapan pun yang diinginkan, sesuai dengan waktu luang yang Anda miliki. Namun memang yang paling direkomendasikan adalah ketika pagi hari dimana fajar baru terbit. Untuk berlari dengan nyaman dan juga aman, Anda tentunya perlu menggunakan sepatu lari yang memang sudah dirancang dan didesain khusus untuk Anda kenakan ketika berlari. Namun, ternyata sepatu ini memiliki berbagai jenis yang berbeda, sesuai dengan lintasan larinya, yakni:

Mengulas Beberapa Jenis Sepatu Lari yang Digunakan Pada Jenis Lintasan yang Berbeda

  • Road Running

Jenis sepatu pertama yang bisa Anda gunakan untuk melakukan olahraga lari adalah Road Running. Sesuai dengan namanya, jenis ini sengaja didesain dan juga dirancang untuk digunakan oleh penggunanya di jalan yang memiliki aspal atau pun trotoar. Jenis yang satu ini juga dikenal memiliki bobot yang ringan dan juga dibuat dengan sangat fleksibel. Memiliki bantalan dan juga penyeimbang kaki agar dapat melangkah dengan lebih mantap.

  • Trail Running

Jenis sepatu selanjutnya yang bisa Anda pilih untuk digunakan berlari adalah sepatu jenis ini. Sepatu lari jenis ini sudah dirancang khusus untuk digunakan berlari pada medan yang berbatu, penuh lumpur dan memiliki berbagai jenis hambatan lainnya yang membuat berlari menjadi sedikit lebih terasa sulit. Dengan menggunakan sepatu ini, pastinya Anda dapat memijak dengan benar dan juga cepat, serta pastinya lebih terasa stabil dan dapat melindungi kaki dari segala benda tajam yang mengancam ketika sedang berolahraga.

  • Cross Training

Jenis sepatu yang dapat digunakan untuk berlari terakhir adalah Cross Training yang dimana bisa Anda gunakan untuk melakukan jenis olahraga lainnya. Jenis ini memang sudah dirancang secara khusus agar dapat digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan lainnya, seperti melakukan gym dan lain sebagainya. Selain itu, sepatu ini juga dapat Anda gunakan untuk melakukan olahraga yang mengaitkan keseimbangan di dalamnya. Hal ini dikarenakan jenis sepatu ini memiliki sol yang cukup keras.

Simak juga Tips Memilih Sepatu Lari yang Nyaman Bagi Pemula

Beberapa jenis sepatu lari diataslah yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan juga jenis lintasan yang setiap harinya Anda lewati menggunakan sepatu tersebut. Pastikan jika memilih sesuai dengan apa yang Anda butuhkan, jangan karena faktor lain seperti harga atau pun ikut-ikutan dengan teman. Pastinya hal ini akan membuat Anda dapat melakukan olahraga tersebut dengan lebih nyaman dan juga lebih aman.