Kalau kamu baru saja membeli model jaket kulit terbaru, pasti rasanya ingin selalu merawatnya agar terlihat kinclong dan seperti baru. Kalau kamu membuka internet, pasti kamu akan menemukan banyak artikel yang mengatakan bahwa merawat jaket kulit dengan baby oil sebagai salah satu cara perawatan. Memangnya bisa? Jangan asal percaya saja yah, yuk kita cari tahu kebenarannya.

Pada dasarnya, Lltion untuk jaket kulit tentulah berbeda dengan hand body lotion untuk kulit manusia. Apalagi merawat jaket kulit dengan baby oil yang digunakan untuk bayi. Tentu tidak tepat penggunaannya. Orang dewasa saja tidak tepat memakai baby oil loh! Nah apalagi jaket kulit, entah yang terbuat dari kulit binatang asli ataupun kulit sintetis.

Seperti yang kita ketahui bersama, baby oil diformulasikan khusus untuk kulit bayi. Sedangkan hand body lotion juga diformulasikan untuk kulit manusia dewasa. Tentu saja kedua produk ini sebenarnya sangat tidak cocok digunakan sembarangan. Apalagi dipakai untuk menjaga dan merawat jaket kulit yang notabenenya berasal dari kulit domba atau kulit lainnya.

Bahan yang digunakan dalam pembuatan jaket kulit asli adalah kulit binatang yang telah mengalami berbagai proses untuk dibuat sebagai jaket kulit. Kulit mengalami banyak proses mulai dari pengawetan sampai pewarnaan untuk berbagai warna jaket kulit. Tahapan inilah yang membuat bahan kulit untuk jaket tentunya berbeda dengan kulit manusia.

Lalu bagaimana sih merawat jaket kulit yang benar? Yuk simak ulasannya!

Cara Membersihkan Jaket Kulit dari Noda

Kalau jaket kulitmu terkena noda, mengelapnya sebenarnya sudah cukup untuk menghilangkan noda tersebut. Kamu harus berhati-hati saat menggunakan sabun atau produk-produk pembersih lainnya. Bahan kulit pada jaket kulitmu bisa menjadi kering dan berujung pecah-pecah jika ada sisa sabun yang tertinggal. Ada baiknya untuk mengetes produk yang akan digunakan pada area yang kecil dan tidak terlalu terlihat. Jangan lupa untuk ikuti petunjuk perawatan jaket kulit milikmu yah!

 

Kamu bisa menggunakan campuran sabun dan air untuk mengelapnya.  Caranya, buatlah campuran sabun dan air. Saat ingin membersihkannya, gunakan kain bersih, oleskan campuran tersebut pada bagian yang bernoda, kemudian oleskan atau lap bagian yang terkena noda mengikuti alur serat permukaan bahan kulit.

Angkat sisa sabun dengan kain bersih yang telah dibasahi air. Kamu harus memastikan bahwa permukaannya benar-benar bersih. Setelah itu keringkan jaket secara alami dengan cara diangin-anginkan di tempat teduh, jangan tempat yang terkena sinar matahari secara langsung yah. Untuk mencegah bagian kulit yang terkena noda menjadi kering, kamu bisa loh mengoleskan cairan pelembut bahan kulit pada bagian yang baru selesai dibersihkan.

Jaket kulit memiliki bahan yang spesial yang lain dari bahan yang ada pada umumnya sehingga memerlukan cara perawatan yang khusus juga. Apalagi kamu membelinya dengan harga yang relatif lebih mahal daripada jaket biasa kan?

Jangan sampai karena cara mencuci dan produk untuk mencuci yang salah bisa, justru bisa menyebabkan kerusakan pada jaket kulit milikmu yah!

Harap diingat:

  1. Untuk melembapkan bahan jaket kulit agar tidak kering, kamu bisa menggunakan sedikit minyak zaitun atau minyak kelapa.
  2. Agar tidak rusak serius, segeralah membersihkan noda yang ada pada jaket kulitmu.

 

Referensi: https://review.bukalapak.com/fashion/fashion-5-cara-merawat-jaket-kulit-agar-tetap-awet-9021-9021