Menggunakan baju batik saat menghadiri pesta menjadi salah satu alternatif yang bisa membuat penampilan terlihat lebih menawan dan anggun. Model baju batik terbaru memberikan nuansa yang glamor klasik modern, tidak membuat orang yang menggunakannya terlihat kaku dan kuno.

Model batik terbaru begitu fungsionall dan bakal membuat penampilan terlihat lebih berkelas dan menawan. Apalagi jika didukung dengan kombinasi warna, model dan bahan yang tepat bisa membuat penampilan di acara pesta lebih spektakuler.

Berikut ini penjelasan mengenai tips memilih baju batik untuk ke pesta yang bisa dijadikan panduan.

Pemilihan Bahan Batik

Kain/ bahan batik mempengaruhi kenyamanan saat digunakan ke pesta. Semakin bagus kualitas bahannya maka semakin nyaman saat dipakai. Selain kenyamanan bahan batik juga mempengaruhi hasilnya. Misalnya bahan batik yang kaku dan lemas akan memberikan kesan jatuh yang indah, sedangkan bahan yang kaku memberikan kesan yang kaku. Sedangkan untuk bahan batik modern biasanya menggunakan kain katun atau kain sutera jenis satin, raw silk atau crape silk.

Pemilihan Warna Batik

Warna batik menjadi aspek utama yang harus dijadikan bahan pertimbangan. Karena warna mempengaruhi bentuk tubuh Anda. Untuk pemilik tubuh gemuk, sebaiknya gunakan warna batik yang gelap karena warna gelap bisa menyamarkan bentuk tubuh gemuk terlihat lebih langsing. Selain warna perhatikan juga coraknya. Corak yang bentuknya sedang atau kecil cocok untuk tubuh gemuk.

Baca juga: TREN BAJU BATIK MUSLIM KOMBINASI UNTUK TAMPIL KEKINIAN

Sedangkan bagi pemilik tubuh kurus sebaiknya pilih motif batik yang ukurannya kecil-kecil agar tubuh terlihat lebih padat berisi. Bagi tubuh kurus hindari menggunakan motif dengan arah vertikal karena malah membuat tubuh kurus, sebaiknya gunakan batik yang motifnya horizontal. Berbeda dengan tubuh gemuk sebaiknya gunakan motif yang vertikal dan hindari menggunakan motif yang horizontal, karena bisa membuat tubuh terlihat lebih lebar.

Sesuaikan Warna Batik Dengan Tema Dan Tempat Pesta

Biasanya setiap pesta tertutama pesta pernikahan memiliki topic atau warna khusus. Jadi, Anda bisa menggunakan batik yang warnanya sesuai tema agar lebih menyatu dengan nuansa pesta.

Lingkungan atau tempat dimana pesta diselenggarakan mempengaruhi model baju batik yang Anda gunakan. Sekarang sudah banyak model baju batik untuk pesta yang tersedia di pasaran, ada yang modelnya dress terusan panjang dan pendek, batik modern yang memungkinkan dikombinasikan dengan pakaian lain.

Apabila pesta diselenggarakan di dalam gedung elegan, Anda bisa menggunakan baju batik model dress terusan yang terlihat mewah dan glamor. Tapi jika pesta yang diadakan di luar ruangan dengan konsep yang sederhana, gunakan model baju batik yang sederhana namun tetap memberikan efek yang menawan dan anggun. Itulah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan memilih batik untuk ke pesta. Semoga bermanfaat!