Mengenakan baju batik saat ini memang sudah menjadi tren, jika dulu tak banyak orang yang menggunakan batik, maka sekarang setiap orang pasti memiliki baju batik dengan model atau gaya yang lebih modern. Model baju batik yang lebih beragam memang menjadi daya tarik bagi orang-orang yang ingin mengenakannya, namun setiap orang tentunya memiliki ukuran tubuh yang berbeda, oleh karena itu harus bisa memilih gaya batik yang tepat sesuai dengan bentuk tubuh. Dan berikut ini adalah tips yang bisa diikuti untuk memilih model pakaian batik yang tepat untuk orang kurus:

  • Pilih Baju Batik dengan Warna Cerah

Orang dengan tubuh kurus sebaiknya menggunakan batik dengan warna-warna cerah, hal ini bermanfaat untuk memberikan kesan tubuh lebih berisi. Warna-warna seperti kuning, pink, oranye, biru muda, serta warna-warna pastel bisa menjadi pilihan yang tepat untuk orang bertubuh kurus. Sebaiknya pemilik tubuh kurus tidak menggunakan warna-warna gelap karena ini bisa membuat tubuh terlihat semakin kurus.  

  • Hindari Ukuran Ketat

Bagi wanita tentunya ingin terlihat seksi sehingga memilih untuk mengenakan baju yang ketat, namun, bagi pemilik tubuh kurus, sebaiknya hindari menggunakan baju batik ketat, hal ini akan membuat penampilan terlihat semakin kurus, tidak berisi, dan tidak sedap dipandang. Sebaiknya pilih model baju baik yang tidak pas badan sehingga tubuh kelihatan lebih berisi. Apabila menggunakan rok batik, sebaiknya jangan pilih ukuran yang ketat, namun, gunakan rok dengan gaya yang mengembang atau memiliki potongan A-line.

Baca juga: Tips Memilih Model Dress Batik untuk Tubuh Kurus

  • Hindari Baju Batik Longgar

Meskipun harus menghindari baju batik yang ketat, bukan berarti harus mengenakan baju batik dengan potongan longgar. Model baju batik yang longgar justru akan membuat ukuran tubuh terlihat semakin kurus. Apabila mengenakan baju batik berjenis blus atau kemeja, sebaiknya pilih gaya baju batik yang memiliki ukuran sesuai dengan bentuk tubuh, untuk panjang blus atau kemejanya sendiri sebaiknya berada di atas panggul sehingga tubuh akan terlihat proporsional.

  • Pilih Batik Motif Besar

Saat memilih corak batik, sebaiknya pilih yang bercorak atau bermotif besar, ini sangat cocok untuk pemilik tubuh kurus karena keuntungan mengenakan motif besar adalah membuat badan semakin berisi. Tekstur motif yang besar tentunya akan memberi kesan bahwa tubuh lebih berisi jika dibandingkan mengenakan batik dengan corak atau motif kecil-kecil. Meski begitu, jangan pula memilih motif batik yang terlalu over besarnya, karena hal tersebut justru akan membuat tubuh yang kurus kian tenggelam. Selain itu, pemilik tubuh kurus sebaiknya menghindari motif vertikal karena tubuh menjadi terlihat lebih kurus.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan oleh orang bertubuh kurus untuk mencari model baju batik yang tepat karena dengan pemilihan baju yang tepat, selain membuat penampilan lebih sempurna dan lebih percaya diri.