Saat ini batik tak hanya digunakan oleh orang-orang tua atau digunakan untuk acara-acara formal saja, akan tetapi batik kini sudah berevolusi menjadi jenis kain yang bisa dikreasikan menjadi model pakaian yang lebih modern. Para remaja pun kini tak perlu malu lagi untuk tamil trendi ketika mengenakan baju batik, karena saat ini ada beragam model baju batik yang sangat cocok digunakan untuk remaja.

Baju batik biasanya hanya dibentuk dengan model kemeja saja, namun sekarang untuk remaja perempuan ada beragam pilihan tampilan yang bisa diubah dari selembar kain batik hingga menjadi model yang modern.

Blouse Simpel dan Kasual

Jika biasanya blouse dibuat dengan bahan kain katun atau sifon, maka tak ada salahnya jika membuat blouse dengan batik. Pilih batik dengan warna-warna yang ceria agar kesan remaja tidak hilang. Desain blouse dengan tampilan simpel dan santai, dengan kerah yang cukup lebar dengan penggunaan resleting pada bagian belakang. Untuk bagian depan bisa juga dibuat sedikit belahan berbentuk V untuk menampilkan kesan kekinian. Untuk lengan blouse sendiri bisa dibuat dengan ukuran pendek atau tiga perempat sehingga lebih fresh jika dibandingka dengan lengan panjang. Blouse batik ini bisa dipadukan dengan beragam bawahan, seperti celana joger, celana jeans, atau rok jeans.

Dress Tanpa Lengan

Bagi yang suka tampil feminim, tak ada salahnya juga untuk membuat model baju batik dress tanpa lengan untuk tampil lebih modern namun tetap tradisional. Bentuk dress sesuai dengan bentuk badan, kemudian bagian bawah panjangnya dibuat di atas lutut sehingga ketika digunakan, kaki akan tampak lebih jenjang dan lebih menarik. Tampil modern dengan kain tradisional bukan lagi sekadar angan-angan.

Baca juga: Variasi Desain dan Model Baju Batik Modern untuk Wanita

Dress dengan Lengan

Bagi yang suka dress berlengan, bahan batik juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Dress ini bisa dibuat sebatas lutut atau di atas lutut. Untuk bagian depan bisa dibentuk atau dimodel sesuai dengan selera. Bisa diberi pita, dilipit, atau sekedar dibentuk A-line sehingga dress batik lebih bervolume ketika dikenakan.

Batik Kombinasi

Bagi remaja yang ingin mengkombinasikan batik dengan kain jenis lainnya, tak ada salahnya untuk memadukan batik dengan bahan kain katun. Untuk model batiknya sendiri bisa dibentuk ala baju shanghai, atau kebaya kutu baru dengan bagian kain batik diletakkan pada bagian tengah atau pada lipitan tengah kebaya. Atasan kutu baru kini tak hanya bisa dipadukan dengan bawahan kain batik saja, namun bisa juga dikombinasikan dengan bawahan celana jeans atau celana joger yang membuat kaki lebih ramping.

Itulah beberapa model baju batik remaja yang bisa dijadikan pilihan. Batik adalah warisan budaya bangsa yang harus selalu dilestarikan, caranya adalah dengan mengenakan baju-baju berbahan kain batik.