model baju kerjaTidak sembarangan model baju pria dan wanita dikenakan kalau tujuannya untuk bekerja di kantor. Meski beberapa perusahaan ada yang memiliki baju kantor sejenis kaos berkerah dengan celana jins, pakaian casual yang sering dikenakan oleh beberapa orang ketika sedang pergi berbelanja, piknik, atau sekadar bermain dengan teman ke suatu tempat.

Ada kriteria yang menjadi tolak ukur untuk model baju kantoran pria dan wanita. Yaitu, model yang terlihat rapi baik memiliki kesan formal, semi formal, atau non formal sekalipun. Dengan adanya kriteria ini, menjadikan pakaian belel atau robek tidak masuk ke dalamnya, walaupun pakaian itu tampak sangat nyaman untuk Anda pakai.

Kriteria baju kantoran ini juga tidak memusingkan apakah Anda menyukainya atau tidak, karena dia seperti sebuah peraturan yang harus ditaati oleh pemakainya. Tapi ini bukan berarti bahwa model baju kantoran tidak bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Selama model itu tidak ke luar dari aturan yang ditetapkan perusahaan, Anda bisa memakainya untuk bekerja.

Untuk lebih mengenal model baju kantoran pria dan wanita, setidaknya ada 4 jenis model yang biasa digunakan para pekerja kantoran. Model keempat baju tersebut adalah:

  • Kemeja

Semua jenis kemeja yang digunakan pria dan wanita untuk bekerja di kantor bisa dipastikan memiliki satu kesamaan, terdapat beberapa kancing yang terletak di bagian depan dari atas ke bawah, dengan motif sederhana berupa salur atau garis-garis, kotak-kotak, plos, atau motif yang sederhana. Untuk jenis bahannya ada yang berbahan katun dan juga ada yang berbahan chiffon atau sejenisnya. Tapi bahan chiffon ini biasa dikenakan oleh wanita.

  • Blazer

Blazer sangat identik dengan model baju wanita. Model ini juga bisa dikenakan wanita untuk ke tempat formal, salah satunya adalah kantor. Dengan fungsi sebagai outer, menjadikan blazer ini sebagai pemanis pakaian yang ada di dalamnya. Ukuran blazer sendiri harus dibuat lebih besar dari ukuran tubuh wanita yang memakainya. Modelnya sangat simple, yaitu berlengan panjang dengan dua kancing di depan di bagian bawah blazernya.

  • Batik

Sudah beberapa waktu lamanya, instansi formal yang ada di Indonesia mewajibkan anggotanya memakai baju batik di satu hari dalam seminggu. Tujuannya tidak lain untuk melestarikan semua batik yang ada di Negara ini, sekaligus menanamkan rasa cinta pada batik itu sendiri. Dalam satu hari itu, Anda bisa berkresi dengan batik pilihan Anda sendiri dan model baju yang Anda inginkan.

  • Seragam

Beberapa instansi pemerintah atau swasta memiliki seragam kantor yang harus dipakai setidaknya empat hari dalam seminggu. Untuk model baju seragam ini ada yang dibuat benar-benar sama antara satu dengan yang lainnya, tapi ada juga yang membolehkan perbedaan model bajunya dengan motif yang sama.

Demikian penjelasan keempat model baju kantoran pria dan wanita yang bisa Anda jadikan masukan ketika Anda memutuskan untuk bekerja di sebuah perusahaan.