Model Busana Pernikahan Terkini, Mulai dari Atasan Kebaya Modern hingga Dress Fairytale

Mempersiapkan pernikahan mungkin bisa dibilang menjadi momen yang paling merepotkan. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan menuju hari paling membahagiakan seumur hidup tersebut. Mulai dari undangan, katering, sovenir, makeup, dan tentu tidak ketinggalan busana pernikahan. Sebagai calon pengantin wanita, kita tentu ingin menjadi yang paling cantik dari versi kita. Kalau bisa, menggunakan busana terbaik yang bisa kita pakai. Nah, saat ini banyak sekali pilihan dari berbagai vendor pernikahan yang menawarkan aneka ragam busana pernikahan. Ada yang menawarkan rok kebaya modern yang dipadukan dengan atasan kebaya modern, model ala India, model internasional, model tradisional seperti songket minang, dan masih banyak lainnya.

Pilihan ingin menggunakan busana seperti apa jelas itu merupakan kebebasan dari kedua calon mempelai dan pihak keluarga besar. Sesuaikan saja tema pernikahan dengan busana pernikahan yang dipilih. Jika Anda masih galau dalam menentukan busana pernikahan, berikut beberapa referensi yang bisa Anda lihat.

Ball gown dress

Memakai gaun yang mengembang bak putri kerajaan bisa jadi merupakan impian bagi sebagian perempuan. Mereka merasa hanya di momen pernikahan lah mereka bisa mewujudkan angan angan mereka ketika kecil ingin merasakan jadi princess. Oleh karena itu, pilihan menggunakan dress model ball gown bisa dijadikan pertimbangan.

Model dress ball gown ini akan membuat calon pengantin perempuan menjadi tampak cantik, anggun dan menawan. Sesuaikan saja warna dan motif yang sesuai dengan selera. Namun satu hal yang perlu dipastikan, model ball gown ini mungkin akan sedikit menyulitkan saat dipakai berjalan. Pastikan Anda telah mencoba dan memastikan panjang dari dress balss gown tersebut tidak terlalu panjang yang membuat potensi Anda terselip semakin besar.


Beludru Jawa

Bagi Anda yang masih kental dalam suasana budaya Jawa, tentu memilih menjadi Javanese princess alias para putri kerajaan dari tanah Jawa. Salah satu busana pernikahan khas Jawa Tengah dan Yogyakarta adalah menggunakan atasan kebaya yang berasal dari kain beludru hitam dan dipadukan dengan kain batik dengan motif yang khusus untuk pernikahan (biasanya nama motifnya adalah wahyu tumurun).

Dengan berkembangnya industri fashion di Indonesia, jangan khawatir jika terlihat kuno. Para desainer saat ini telah mengembangkan model kebaya beludru ini menjadi atasan kebaya modern yang tampak mewah, namun tidak meninggalkan kesan tradisional. Misalnya dengan penambahan kain di belakang gaun menjuntai yang seperti ekor. Bahkan bagi Anda yang mengenakan hijab, juga sudah banyak modifikasi yang cocok digunakan. Beberapa bahkan bisa memodifikasi menjadi paes hijab juga.


Minang bride

Jika Anda berasal dari tanah Minang, tentu menjadi kebanggaan tersendiri bisa menggunakan suntiang Minang alias hiasan kepala super berat, tapi cantik. Nah, pernikahan adat Minang identik dengan busana berwarna merah cerah yang dipadukan dengan kain songket. Namun jika Anda menginginkan sesuatu yang out of the box, ada baiknya Anda mencontek gaya pengantin Minang yang satu ini. Alih alih menggunakan warna merah mencolok, pengantin ini menggunakan rok kebaya modern panjang yang berwarna soft. Kesan Minang tentu ditonjolkan dengan penggunaan suntiang dan kain bawahan songket berwarna merah. Meski tidak berwarna merah menyala, warna kalem seperti ini justru menimbulkan kesan berbeda dan semakin cantik. Kebaya yang dikenakan pun dengan model yang modern yaitu dengan penambahan ekor pada kebayanya. Siapa yang terinspirasi dengan model kebaya ini?