Untuk kamu yang sedang mempersiapkan acara pertunangan, pasti kamu sedang kebingungan menentukan model cincin tunangan yang cocok untuk acaramu nantinya. Cincin tunangan biasanya adalah cincin yang diberikan kepada calon istrimu atau calon mempelai wanita saat acara pertunangan dilaksanakan.

Acara pertunangan sejatinya ialah salah satu acara awal yang sangat penting dalam rangkaian menuju suatu ikatan pernikahan. Acara pertunangan atau dalam adat Jawa juga dikenal dengan tuker cincin, menjadi salah satu “pagar” bagi kedua calon mempelai sebelum menikah nantinya. Memang pada dasarnya tunangan bukanlah hal yang wajib untuk dilakukan oleh semua orang. Namun biasanya, setiap keluarga memiliki cara, kebiasaan, dan tradisinya sendiri untuk melakukan acara tukar cincin. Biasanya acara tunangan pun hanya dihadiri keluarga dan kerabat dekat calon mempelai saja.

Kalau kamu berniat untuk melaksanakan acara pertunangan, hal yang paling penting yaitu cincin tunangan. Kamu bisa memilih model cincin emas terbaru, cincin perak, atau palladium sekalipun.

Emas:

Kalau kamu  mengharapkan acara pertunangan terkesan glamor, kamu bisa memilih dasar cincin yang berbahan dari emas. Emas untuk cincin biasanya akan menjadikan jemari kamu kian terlihat elegan loh.

Silver atau Perak:

Meski secara kualitas masih di bawah emas, bahan perhiasan yang satu ini tengah menjadi trend. Bahan yang satu ini cocok untuk kamu yang menyukai desain simpel, tetapi tetap terkesan mewah.

Perpaduan antara emas dan perak:

Bisa loh memadukan kedua unsur di atas. Nantinya  cincin pertunangan kamu akan semkin terkesan istimewa dan sempurna.

Saat ini, begitu banyak model cincin emas terbaru yang bisa kamu gunakan untuk cincin pertunangan. Cincin tersebut hadir dengan berbagai model dan harga, baik itu cincin yang harganya mahal maupun yang harganya biasa-biasa saja. Hampir semuanya memiliki model yang unik dan menarik sehingga membuat kamu bingung untuk menentukannya.

Berikut adalah beberapa model cincin pertunangan yang bisa menjadi inspirasimu:

  1. Cincin emas putih

2. Cincin perak

3. Cincin paduan emas dan perak

 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat ingin membeli cincin untuk acara pertunanganmu. Kalau kamu mau cincin tunangan yang terbuat dari logam emas, namun kamu tidak memiliki biaya yang besar, kamu bisa mengatasinya dengan hal di bawah ini:

  1. Membeli cincin dengan gram yang sedikit

Jika kamu memang ingin membeli cincin emas untuk pertunangan, kamu bisa loh membeli cincin dengan jumlah gram yang sedikit. Tidak perlu banyak, banyak. Cukup 3—5 gram saja, kamu sudah bisa memiliki cincin pertunangan emas yang bagus. Satu yang harus kamu pahami, cincin yang diberikan kepada calon istrimu bukanlah dilihat dari harganya, melainkan dari makna dan ketulusannya saat kamu berikan.

  1. Kurangi kadar karatnya

Kalau kamu ingin membeli cincin tunangan yang berasal dari emas dengan bentuk dan model yang bagus tetapi biayamu tidak terlalu banyak, kamu bisa loh mengurangi kadar karatnya. Dengan mengurangi kadar karat yang awalnya 24 karat menjadi kadar karat emas perhiasan pada umumnya, 16 karat, kamu bisa memiliki cincin tunangan emas impian kamu dan pasanganmu.

  1. Belilah di toko terpercaya

Pastikan kamu membeli cincin di toko perhiasan yang sudah cukup terkenal dan terpercaya. Mengapa? Dengan begitu kamu akan mendapatkan harga cincin yang lebih terjangkau. Biasanya kamu juga diajak untuk memilih desain cincin tunangan yang disesuaikan dengan budgetmu.