fashionarsis.com_model jaketJaket dan mantel sesuai fungsinya dipakai untuk melindungi dari cuaca dingin maupun panas. Namun seiring perkembangan fashion, model jaket dan mantel tidak hanya berfungsi sebagai penghangat tubuh saja melainkan menjadi bagian fashion yang didesain agar pria terlihat lebih maskulin.

Meskipun sama-sama berfungsi sebagai penghangat keduanya memiliki tampilan yang berbeda. Jaket menutupi tubuh bagian atas hingga pinggang, sedangkan mantel menutupi bagian atas hingga ke paha atau lutut bagian bawah.

Model Jaket Pria

  • Windbereadker , memiliki ciri khas pada bagian tangan yang menggunakan karet, memiliki hoodie dan kerah.
  • Bomber jacket atau flight jacket awalnya digunakan oleh pilot dan pernah menjadi trand remaja tahun 70-an dan 90-an menjadi gaya berpakaian musisi rap/ hip hop. Ciri khas jaket ini dari bentuknya yang gemuk, dilengkapi risleting di bagian depan dan dua kantong di tiap sisi.
  • Varsity Jacket / Letterman awalnya digunakan oleh mahasiswa Harvard seiring waktu model jaket ini kemudaian menyebar ke kampus-kampus lain hingga sekarang jaket ini masih menjadi trand jaket laki-laki. Ciri khasnya adalah di bagian dada kiri terdapat logo huruf.
  • Leather jacket adalah jaket yang terbuat dari kulit binatang, baik kulit asli maupun sintesis. Ciri khas jaket ini adalah risleting, kancing atau sabuk yang terdapat dari leher hingga bawah.

Baca juga: Model Jaket Pria Yang Bikin Penampilan Terlihat Lebih Kheren

  • Sport Coat adalah jaket yang biasa digunakan untuk acara formal. Ciri khasnya terbuat dari bahan corduroy, denim, suede dan tweed. Jika diperhatikan model jaket ini mirip dengan jas.
  • Parka Jacket adalah model jaket yang pernah popular di kalangan militer Amerika Serikat, tepatnya pada tahun 1950an. Ciri khasnya terletak pada memiliki hoodie atau penutup kepala berbulu, tahan air, drawstrings di bagian pinggang dan manset. Sekarang parka digunakan untuk acara kasual yang dipadukan dengan celana jeans.

Model Mantel Pria

  • Duffle coat adalah mantel yang popular digunakan pendeta di polandia di tahun 1800an. Ciri khasnya saku yang berukuran besar di bagian depan, terdapat empat atau enam kancing dibagian depan, panjangnya mencapai lutut.
  • Pea coat klasik memiliki cantelan yang kuat dan sedikit lekukan bagian pinggang. Ciri lainnya pada kerah yang tebal, kancing model double breasted yang terbuar dari kayu, metal atau plastic. Terdapat saku di kedua sisi.
  • Trench coat adalah model mantel yang ringan, pendek dan tahan air. Ciri khasnya: memiliki 10 kancing depan, kerah lebar dan terdapat sabuk dipinggang serta tali di pergelangan tangan.
  • Mackintosh coat atau Mantel Mac ini menggunakan bahan anti air yang unik. Diciptakan oleh ahli kimia Charles Macintosh dari Skotlandia pada tahun 1823.
  • Overcoat adalah jenis mantel tradisional yang tersedia berbagai bahan, sehingga bisa digunakan di segala musim.

Demikian model jaket dan mantel yang bisa digunakan sesuai fungsinya maupun untuk menunjang penampilan agar terlihat lebih maskulin.