Salah satu jenis jaket yang sedang ngehits dan banyak diminati oleh pria saat ini adalah jaket kulit. Jaket ini diminati oleh nyaris segala umur, mulai dari remaja, dewasa bahkan hingga paruh baya. Jaket kulit ternyata bisa memberikan kesan cool dan maskulin bagi pria saat digunakan. Sebaliknya, jaket kulit saat digunakan oleh wanita akan memberi kesan seksi, tangguh dan juga dapat menunjang tampilan casual dan gaya street wear yang stylish. Memakai jaket ternyata juga harus sesuai dengan bentuk tubuh. Karena jika tidak sesuai, salah-salah jaket Anda justru tidak digunakan. Karenanya, simak model jaket terbaru sesuai bentuk tubuh yang harus Anda tahu berikut ini.

baca juga: Aneka Model Jaket untuk Wanita yang Harus Dimiliki

Jaket Motorcross

Tipe jaket motorcross cocok digunakan oleh pria dengan tubuh besar di atas agak gemak, berbahu lebar bahkan berotot. Seperti namanya, jaket ini memiliki model seperti yang biasa digunakan oleh para pengendara motor. Model jaket pria ini memiliki lidah kerah yang lebar dan ketat. Kerah yang lebar akan membuat leher Anda terlihat lebih jenjang, ukurannya yang ketat pun akan memberikan kesan lebih ramping.

Jaket Model Panjang

Jaket model ini cocok digunakan oleh wanita yang memiliki bagian tubuh atas yang lebih besar, terutama di bagian perut dan pinggang atau lebih dikenal dengan tipe badan apel. Jaket ini memiliki panjang yang dapat menutup area perut hingga pinggang Anda. Untuk menambah kesan pinggang lebih ramping, Anda juga bisa menambahkan aksesoris lain seperti tali ikat atau ikat pinggang.

Flight Jacket

Flight jacket adalah jenis jaket yang cocok digunakan oleh pria yang bertubuh kurus atau cenderung kurus. Seperti namanya, jaket ini dulunya didesain untuk para pilot yang bertugas menjatuhkan bom di masa perang dunia pertama dan kedua. Ciri utama model jaket ini adalah memiliki potongan lebar di bagian bahu dan detail kantong di bagian pinggang atau perut, sehingga sangat cocok bagi pria berbadan kurus. 

Jaket dengan Aksen Bagian Atas

Bagi Anda, wanita dengan badan kurus di atas dan besar di bawah atau yang lebih sering disebut dengan badan pear, model jaket wanita yang cocok untuk Anda adalah model jaket kulit yang dapat mengalihkan fokus pandangan mata orang lain ke bagian atas tubuh kamu. Contohnya adalah jaket dengan banyak aksen tambahan di bagian atasnya, seperti memiliki detail tumpukan atau lipatan pada area kerah dan saku depan dada. Untuk panjang jaket, carilah jaket yang panjangnya tidak bertepatan dengan bagian terluas pinggul yang hanya membuat pinggul terlihat semakin lebar. Tambahkan aksesoris seperti scarf di leher dan biarkan jatuh menjuntai tepat di bagian perut atau pinggang.

Jaket Trenchoat

Model jaket satu ini cocok digunakan oleh Anda, pria dengan bagian tubuh atas tengan kaki yang panjang. Sekilas, modelnya seperti mantel panjang dengan kerah lebar dan tidak kaku. Model jaket ini memberi kesan tubuh lebih proporsional. Selain itu, jaket ini pun biasanya dilengkapi dengan perlindungan terhadap air, sehingga ketika hujan, air tidak merembes ke bagian dalam. Model jaket terbaru satu ini juga cocok digunakan oleh wanita.