Banyak sekali aksesoris wanita yang bisa diaplikasikan kedalam penampilan supaya lebih memberikan kesan cantik. Dari mulai kalung, gelang, ikat pinggang, bros atau lainnya yang dengan mudahnya ditemui dipasaran. Tetapi mayoritas perempuan menggunakan berbagai model kalung yang memang terlihat lebih menarik untuk penampilan. Bahkan kalung menjadi salah satu fashion wajib untuk wanita jaman sekarang dalam berbagai aktivitas. Karena banyaknya model dan jenisnya bisa disesuaikan dengan penampilan keseharian, baik itu resmi ataupun tidak resmi. Kesan modis dan juga stylish akan didapatkan jika Anda menambahkan aksesoris satu ini untuk penampilan.

 Baca juga: Model Kalung Untuk Acara Formal

Untuk wanita umum mungkin itu tidak menjadikan masalah, tetapi untuk wanita berhijab yang mungkin sedikit kebingungan dalam pemilihan model dan jenis kalung dalam penampilannya. Tetapi untuk sekarang ini perkembangan fashion wanita berhijab juga semakin maju, semakin banyaknya aksesoris yang bisa digunakan bagi wanita berhijab semakin menambah kesan fashionable juga bagi perempuan yang mengenakan hijab. Berikut ini beberapa tips dalam penggunaan kalung untuk wanita berhijab, antara lain:

  1. Yang pertama yaitu sesuaikan warna kalung dengan baju yang akan Anda gunakan. Jika tidak berani untuk menggunakan warna yang mencolok atau tabrak warna, gunakan saja warna-warna soft yang dapat masuk dalam berbagai warna baju Anda.
  2. Selanjutnya yang menjadi pertimbangan yaitu dari jenis dan bahan kalung yang akan digunakan. Banyaknya produsen yang mengeluarkan berbagai model kalung memudahkan perempuan untuk menyesuaikan dengan penampilan. Misalnya untuk acara santai bisa menggunakan kalung berbahan kain yang tidak terlalu mewah, tetapi untuk acara-acara resmi bisa gunakan kalung dari bahan pernak-pernik yang sedikit menyala akan memberikan tampilan yang semakin apik.
  3. Ukuran kalung merupakan pertimbangan selanjutnya, biasanya juga dipengaruhi dengan ukuran badan juga. Untuk orang yang mempunyai kelebihan dibagian badan lebih baik untuk tidak menggunakan kalung yang mempunyai ukuran terlalu besar sehingga membuat Anda semakin terlihat besar. Untuk orang yang memiliki badan kecil juga jangan menggunakan kalung yang kecil, hal tersebut akan terlihat tidak serasi untuk digunakan.
  4. Selanjutnya yaitu untuk melihat panjang dari kalung itu sendiri, karena untuk perempuan berhijab merupakan PR sendiri dalam penggunaan kalung. Jika memilih untuk menggunakan kalung pendek, pastikan model hijab yang Anda kenakan tidak akan menutupi kalung yang akan dikenakan. Jadi bisa mengaplikasikan model hijab yang diatas dada, sebaliknya jika Anda menggunakan kalung dengan ukuran panjang sesuaikan dengan bentuk hijab yang pas.
  5. Untuk pemilihan motif kalung juga perlu diperhatikan, banyak sekali model kalung dengan berbagai jenis motif pilihan. Misalnya motif batik, bunga-bunga atau lainnya yang bisa disesuaikan dengan kegiatan atau acara yang akan dilakukan. Karena ini dapat berpengaruh pada kesan cantik yang akan muncul saat digunakan.