Kebaya merupakan jenis pakaian wanita yang biasa dipakai di acara-acara formal, seperti acara pernihakan, undangan pesta, wisuda, dan acara-acara formal lain yang sifatnya seremonial. Kebaya merupakan busana khas nusantara yang membuat wanita yang menggunakannya terlihat lebih anggun dan mampu memancarkan aura kalem sebagaimana ciri khas wanita Indonesia. Kebaya memang sudah menjadi indentitas wanita Indonesia. Tidak heran misalnya ketika momen peringatan hari yang berkaitan dengan perempuan seperti Hari Kartini, para wanita dianjurkan memakai kebaya. Memakai kebaya harus disesuaikan dengan acara yang akan dihadiri, sebab saat ini banyak sekali diproduksi kebaya dengan desain yang lebih santai dengan sentuhan modern yang bisa dikenakan di momen yang tidak formal sekalipun. Berikut ini akan diulas mengenai beberapa model kebaya terbaru yang sedang jadi trend di masyarakat.

  • Kebaya Gamis

Gamis merupakan pakaian yang bermodel terusan yang panjangnya minimal di bawah lutut. Saat ini di pasaran terdapat satu model dan jenis kebaya yang disebut dengan kebaya gamis. Meski disebut dengan kebaya gamis, panjang kebaya ini tidak sampai di bawah lutut. Kebaya gamis merupakan sebutan untuk kebaya muslimah yang didesain lebih syar’ie dan tertutup. Bagian bawah leher kebaya pada umumnya yang biasanya terbuka tidak akan kita temukan di kebaya ini. Kebaya ini didesain dengan kerah berbentuk melingkar pada leher, sehingga bagian bahu dan bagian bawah leher tertutup secara sempurna. Model kebaya terbaru untuk muslimah ini juga memiliki panjang hingga paha. Meski diproduksi dengan bahan brokat yang menerawang, kebaya gamis dilapisi dengan bahan yang cukup tebal di bagian dalamnya sehingga mampu menutup aurat dengan baik.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan untuk Mendapatkan Model Kebaya Terbaru dan Terbaik?

  • Kebaya Lengan Pendek

Salah satu terobosan terbesar dalam desain kebaya modern adalah keberanian mendesain kebaya lengan pendek. Jika umumnya kebaya didesain dengan lengan panjang atau minimal sepanjang siku tangan, kini banyak ditemukan kebaya lengan pendek di pasaran. Biasanya, kebaya lengan pendek ini biasanya didesain dengan kerah yang menempel pada leher, bukan kerah terbuka yang menggantung di pundak. Umumnya, kemeja lengan pendek bermain dengan potongan garis lengan yang dibentuk berombak, model V, atau mengandalkan motif renda. Tidak hanya potongan garis lengannya saja yang tidak dibuat lurus, melainkan juga potongan garis bawah yang didesain dengan berbagai bentuk dan model potongan agar tampilan kebaya ini tidak flat atau datar.

  • Kebaya Model Tank Top

Jika para wanita ingin berpenampilan lebih seksi dengan kebaya, kebaya model tank top ini bisa dijadikan sebagai pilihan. Berbeda dengan kebaya wanita umumnya yang didesain dengan lengan, kebaya ini didesain tanpa lengan sehingga mirip dengan potongan tank top. Secara keseluruhan, desain kebaya yang satu ini tidak jauh berbeda dengan desain kebaya pada umumnya. Perbedaannya hanya terletak pada bagian lengannya. Model kebaya terbaru ini didesain dengan kerah yang agrak lebar dan menggantung di bahu.