Batik merupakan kain khas Nusantara yang memiliki ribuan corak. Masing-masing daerah di Indonesia umumnya memiliki corak batiknya sendiri sehingga batik sangat kaya akan corak dan warna, yang menunjukkan keragaman budaya Indonesia. Batik kembali terangkat eksistensinya setelah UNESCO memproklamirkan batik sebagai budaya warisan dunia yang harus dilestarikan. Akhir-akhir ini, semakin banyak desainer dan produsen pakaian yang mengandalkan batik sebagai bentuk inovasi mereka dalam menciptakan busana model terbaru. Batik kini diandalkan sebagai model dan jenis pakaian terbaru dengan desain yang lebih modern sehingga cocok digunakan di berbagai kesempatan tergantung dengan model pakaiannya. Tidak heran jika batik dapat menjadi trend fashion di masyarakat. Salah satu terobosan para desainer dalam pemanfaatan batik di bidang fashion adalah memproduksi pakaian kantor untuk wanita dengan desain yang lebih modern. Batik memang sudah lama dikenal sebagai pakaian yang memberikan kesan formal. Namun dengan inovasi yang dilakukan oleh para desainer, batik kini bisa tampil lebih segar. Berikut ini adalah beberapa model pakaian batik modern wanita karier atau wanita yang bekerja kantoran.

  • Blazer Batik

Blazer merupakan jas wanita yang dikenakan sebagai pakaian luaran. Biasanya, blazer diproduksi dengan warna gelap sepearti hitam, donker, abu tua, dll. Pemakaiany blazer biasanya dipadukan dengan kemeja di bagian dalam, sebab bagian kerah dan bawah leher pakaian jenis ini memang lebih terbuka.

Jika umumnya blazer wanita diproduksi dengan mengandalkan bahan yang cenderung tebal, kini blazer diproduksi dengan batik yang cenderung lebih tipis dan ringan. Blazer batik akhir-akhir ini cukup digemari oleh wanita yang bekerja kantoran karena selain lebih ringan dan coraknya lebih beragam, model pakaian batik modern yang satu ini juga bisa dipadukan dengan kemeja berbagai warna. Variasi desain blazer batik juga lebih kaya, misalnya dengan memberikan sentuhan variasi kancing atau model potongan yang tidak melulu V-neck. Memakai blazer batik ketika ke kantor atau tempat kerja akan membuat penampilan wanita menjadi unik sebab berbeda dengan pakaian wanita kantoran kebanyakan.

  • Vest Batik

Vest atau rompi panjang merupakan item fashion wanita yang muncul baru-baru ini. baju luaran yang didesain tanpa lengan dengan panjang mencapai lutut ini menjadi alternatif dari pakaian luaran yang biasanya sangat tertutup bahkan diproduksi dengan bahan yang sangat tebal, seperti jas atau blazer. Belakangan ini, para desainer berinovasi dengan membuat vest bercorak batik. Corak batik yang sangat beragam dan kaya warna membuat para desainer memiliki banyak pilihan dalam memproduksi vest batik modern yang lebih bergaya. Vest batik ini sangat cocok dipadukan dengan kemeja lengan panjang polos dengan warna kalem. Vest batik sangat cocok dikenakan oleh wanita karier karena selain memberikan sentuhan formal, vest juga membuat penampilan seorang wanita terlihat lebih segar dan trendy. Tidak heran jika model pakaian yang satu ini juga banyak dikenakan oleh apra mahasiswi.