fashionarsis.com-model tas terbaruRansel atau backpack adalah model tas ransel yang popular sepanjang masa. Tas ini biasanya digunakan oleh anak-anak sekolah karena nyaman dibawa.  Beragam macam pilihan mulai dari model, bahan hingga warna bisa Anda dapatkan dengan mudah di mana saja.  

Ada dua jenis tas yang bisa dijadikan tas sekolah yaitu tas model selempang dan tas ransel. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa tas ransel lebih baik dibandingkan dengan tas model selempang karena beban terbagi di kedua pundak. Bagaimana memilih ransel yang tepat untuk anak-Anak? Simak ulasannya berikut ini

Tas Harus Ringan

Tas yang berat ditambah diisi keperluan sekolah bisa menyebabkan pundaknya sakit dan pegal. Jangan membawa barang yang terlalu berat karena bisa menyebabkan masalah punggung.  Jika beban dirasa terlalu berat, Anda bisa menggunakan ransel yang memiliki roda. Namun pastikan anak tidak melewati tangga. Karena penggunaan tas yang beroda mengharuskan si kecil mengangkat tas saat menaiki tangga.

Tali Lebar

Tali pemanggul ransel yang kecil bisa membuat saraf bahu dan lehernya cidera. Sebaiknya pilih tali tas yang lebar dan empuk Tali yang lebar bisa menahan beban dari tas sehingga saat membawa tas tidak merasa berat dan sakit.

Lapisan Dalam Tas

Lapisan dalam tas menentukan kenyamanan saat membawa tas, selain itu lapisan tebal berguna melindunginya tertusuk benda tajam yang disimpan di dalam tas, misalnya: gunting, penggaris, sudut buku dan lain sebagainya.

Tali Pinggang

Ada beberap model tas sekolah yang dilengkapi tali pinggang. Tali ini berguna untuk mendistribusikan berat/ beban ransel agar tidak terpusat pada bahu.

Baca juga: Jenis dan Model Tas Ransel Berbagai Jenis Keperluan

Kantong Tas

Kantong tas bermanfaat memudahkan barang bawaan dan membantu mengorganisir barang-barang sehingga anak tidak akan kebingungan mencari benda yang akan dia keluarkan. Umumnya tas terdiri dari kantong utama ditambah satu atau dua sekat dan beberapa kantong di bagian luar tas.

Pilih model tas ransel yang memiliki satu kantong yang besar. Pertimbangkan juga jenis tas yang memiliki kantong di sisi tas yang bisa digunakan untuk membawa botol minuman.

Sesuai dengan Kesukaan Anak

Tas merupakan salah satu perlengkapan yang menjadi kebanggaan setiap kali ia pergi ke sekolah. Jadi sebaiknya pilih model dan karakter tas sekolah yang disukai anak. Ada banyak jenis tas karakter yang sesuai dengan dunia anak. Ciri-ciri tas karakter memiliki motif atau gambar yang menarik, misalnya: tokoh kartun, binatang, mobil dan sebagainya. Ajak anak saat memilih tas ransel dan biarlah ia memilih senditi karakter dan model tas yang disukainya.

Selain memperhatikan beberapa hal yang sudah disebutkan tersebut, perhatikan juga bagaimana Anak menggunakan tasnya. Pastikan ia menggunakan tasnya dengan benar. Membawa tas model ransel yang anak sukai membuat ia semangat untuk pergi ke sekolah dan belajar.