Siapa yang bilang jika gamis hanya diperuntukkan bagi mereka para perempuan saja? Hal itu salah besar karena pada dasarnya ada juga gamis pria yang membuat penampilan para lelaki semakin menarik dan terlihat muslim berwibawa. Untuk beberapa pria saat ini memang lebih dominan menggunakan jenis pakaian tersebut, apalagi para ustadz muda yang sangat cocok dan keren sekali mengenakan jenis baju tersebut. Apakah Anda salah satu orang yang sudah mengoleksi model pakaian tersebut dirumah?

Pahami Jenis dan Model Gamis Pria Terlebih Dahulu Sebelum Membeli Agar Tidak Salah Pilih

Indonesia sendiri merupakan negara yang mayoritas muslim, tetapi untuk menemukan para pria bergamis sangat susah sekali. Kebanyakan para pria lebih nyaman menggunakan pakaian biasa, maksimal saat acara religi hanya mengenakan baju koko. Untuk mendapatkan penampilan yang lebih menarik, tidak ada salahnya Anda mencoba menggunakan gamis. Sebelum membeli, berikut ini ada beberapa jenis yang dapat Anda pahami terlebih dahulu yaitu:

  • Gamis galabbiya.

Ini merupakan model gamis yang dibuat dengan model yang lebih longgar, umumnya dikenakan oleh para pria muslim yang berada di Mesir. Ini merupakan pakaian casual yang dapat Anda gunakan untuk keseharian, tidak mempunyai kerah dan lengan yang cukup lebar akan memberikan kesan pria muslim keren masa kini.

  • Jubbas.

Tidak berbeda dengan namanya model pakaian ini seperti jubah yang menjuntai panjang dari bawah leher sampai dengan mata kaki. Sama seperti sebelumnya mempunyai lengan yang panjang, umumnya digunakan oleh para pria Arab. Untuk gamis pria yang satu ini memang lebih dibatasi dengan warna dan gayanya juga lebih sederhana atau polos.

  • Kurta.

Tidak berbeda dengan jubah, hanya saja yang membedakan adalah bentuknya lebih seperti atasan bawahan. Beberapa negara islam sering mengenakan pakaian ini seperti India, Afghanistan, Pakistan, dan beberapa negara lainnya.

  • Koko.

Jika mendengar baju koko pasti sudah sangat familiar sekali untuk para pria yang ada di Indonesia, memang cukup familiar apalagi sudah menjadi pilihan bertahun-tahun. Pada dasarnya pakaian satu ini berasal dari China hanya saja seiring perkembangan jaman, baju ini lebih didominasi oleh para kaum muslim.

  • Tawb atau kondura.

Baju yang sering digunakan oleh masyarakat Irak dan Arab ini mempunyai bahan katun atau dari wol domba. Mirip dengan jubah dan gamis Galabiya, untuk pria timur tengah pasti tidak asing dengan model pakaian yang satu ini.

Baca juga: Tips Memilih Baju Muslim Koko yang Tepat untuk Laki-laki

Diatas adalah beberapa pilihan gamis yang dapat membuat penampilan Anda sebagai pria lebih menarik perhatian dan tentunya lebih sopan, meskipun di Indonesia masih sangat jarang. Yang paling utama itu bukan hanya pemilihan model gamis pria yang Anda perhatikan tetapi juga bahan yang digunakan. Karena kenyamanan menggunakan pakaian itu bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor penting, selain dari model dan juga bahannya.