Cincin pernikahan merupakan sebuah simbol ikatan pernikahan yang suci dan sakral. Bagi yang sudah menikah, memakai cincin pernikahan wajib hukumnya, terutama bagi wanita. Namun dalam hal menentukan cincin pernikahan seringkali tidak mudah, terutama jika yang akan dipilih adalah cincin emas dan bagi calon pasangan pengantin yang masih awam, memilih cincin pernikahan sendiri memang terkadang dilematis dan membingungkan mengingat banyaknya model dan keistimewaan yang ditawarkan. Agar tidak bingung lagi, ini panduan sederhananya untuk membeli cincin pernikahan:

  • Diskusikan berdua mengenai model cincin.

Langkah awal yang harus Anda lakukan untuk menemukan cincin pernikahan impian Anda adalah dengan berdiskusi bersama pasangan, kira-kira cincin model apakah yang Anda inginkan berdua? Apakah Anda berdua menyukai sesuatu yang simpel atau yang elegan? Atau barangkali sesuatu yang unik? Terkadang ada desain cincin pernikahan yang sesuai dipakai mempelai wanita namun terlalu feminim bagi mempelai laki-laki oleh karena itu, cincin model klasik dan simpel seringkali jadi pilihan banyak calon pengantin.

  • Tambahkan sesuatu yang bersifat personal namun istimewa.

Jika pilihan Anda berdua jatuh pada model cincin pernikahan yang simpel atau klasik, maka buatlah sesuatu yang berbeda dari cincin pernikahan tersebut. Anda bisa memberikan sentuhan yang lebih personal namun istimewa pada cincin pernikahan yang Anda pilih. Misalkan dengan menambahkan ukiran nama ataupun pesan spesial atau bisa juga dengan memilih jumlah berlian yang berbeda dan sebagainya. Setidaknya, bedakan cincin pernikahan dengan cincin emas pada umumnya. Buatlah sesuatu yang istimewa untuk merayakan momen pernikahan Anda.

  • Memilih toko perhiasan yang tepat.

Setelah Anda menentukan model cincin pernikahan yang akan Anda beli, maka sekarang saatnya Anda mampir ke toko perhiasan yang tepat. Namun ingat, jangan langsung berhenti pada satu toko saja, jelajahi toko-toko mas atau toko perhiasan lainnya, siapa tahu nantinya Anda akan menemukan harga cincin yang cukup bersaing atau lebih murah. Bahkan tak hanya itu saja, saat ini sudah ada toko perhiasan online yang juga menyediakan model cincin yang sesuai dengan keinginan Anda dan pasangan Anda. Pastikan memilih toko perhiasan online yang terpercaya.

  • Pesan dari jauh-jauh hari.

Pada umumnya, proses pembuatan cincin emas untuk pernikahan akan membutuhkan waktu kurang lebih 3 minggu, tidak begitu lama namun juga tidak terlalu cepat. Namun bukan berarti Anda harus menunggu 3 minggu sebelum hari-H, sebaiknya persiapkan membeli cincin pernikahan paling tidak 2-3 bulan sebelumnya. Hal ini berguna untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu dengan memesan dari jauh-jauh hari akan membuat cincin pernikahan idaman Anda semakin sempurna untuk dipakai di pesta pernikahan Anda.