Pemilihan hijab syar’i telah dijelaskan dalam al-qur’an, berikut juga mengenai penjelasan -penjelasan kewajiban seorang wanita muslim untuk menutup auratnya. Bagi kaum muslim aurat itu termasuk seluruh anggota tubuh kecuali adalah telapak tangan dan juga kaki. Makanya dalam tuntunannya ada syarat yang benar dan baik dalam mengenakan hijab. Karena dalam islam mengenakan hijab itu merupakan suatu hal yang dapat menjaga diri kehormatan seorang wanita. Selain itu hijab juga berfungsi untuk melindungi cuaca dingin ataupun panas, dapat ditarik kesimpulan dalam islam wanita memang sangat dimuliakan.

Berkembangnya jaman semakin berkembang pula model-model pakaian dalam dunia fashion, tidak terkecuali dalam berhijab. Tidak sedikit masyarakat sekarang ini yang mengenakan hijab secara modis dan tidak sesuai dengan syariat islam. Salah satu yang dituntunkan dalam islam yaitu mengenakan hijab yang syar’i. Artian syar’i dalam hal ini yaitu menurut syarat-syarat yang telah ditentukan, karena tidak semua hijab model sekarang ini bisa dikatakan syar’i. Berikut ini beberapa hal dalam memilih jilbab kategori syar’i antara lain:

  • Dari bahan.

Memilih jilbab syar’i yang paling utama dilakukan yaitu dalam hal pemilihan bahan. Pilihlah jilbab yang menggunakan bahan tebal dan juga tentunya tidak terawang atau tembus pandang. Biasanya pada model dipasaran menggunakan jenis bahan yang berlapis misalnya didalam menggunakan furing kemudian luar menggunakan bahan sifon yang masih berlapis. Tentunya dari bahan lainpun tidak kalah banyak tergantung dari pemilihan dan kenyamanan pemakai. Ada juga bahan yang hanya satu lapis saja tidak tembus pandang.

  • Penggunaan inner.

Inner disini sering disebut dengan ciput dan terbagi atas beberapa jenis, dari yang ciput keseluruhan sampai dengan dahi, ciput topi, ciput cuma dari atasan, bando atau lainnya. Hal itu tergantung dari kenyamanan yang menggunakan, bahkan muncul ciput yang menggunakan sanggul supaya memberikan kesan sanggul bagi mereka yang mempunyai rambut pendek. Tetapi untuk hijab syar’i menggunakan sanggul tidak diperkenankan. Semakin tinggi dan besar yang Anda gunakan semakin tidak diperbolehkan.

  • Panjang jilbab.

Dalam anjuran islam hijab yang syar’i itu adalah hijab yang mampu menutupi bagian dada sampai dengan bawah. Jadi syar’i memang terkesan mempunyai model yang panjang dan lebar, hampir semua anggota badan tidak terlihat bentuknya sesuai dengan anjuran dalam islam. Tentunya berbeda dari jilbab biasa yang hanya sekedar menutup bagian atas kepala.

  • Tidak berlebihan.

Selain terkesan panjang dan lebar hijab yang dikategorikan syar’i mempunyai model yang sangat sederhana. Kembali lagi seperti yang diajarkan dalam islam semuanya tidak boleh untuk berlebihan apalagi mengenakan pakaian. Tetapi memilih hijab syar’i juga tidak bisa asal-asalan semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan baik keseharian ataupun acara-acara formal. Dengan begitu, walaupun Anda menggunakan jilbab syar’i tetap terlihat modis, stylish dan tentunya fashionable.