Di masa pubertas, umumnya para pria mengalami masalah jerawat karena perubahan hormon. Ada yang jerawatnya wajar hanya tumbuh di beberapa area wajah, namun ada juga yang cukup parah. Ketika beranjak dewasa, biasanya jerawat akan mulai berkurang. Tapi ternyata tidak hanya pada remaja pria, ada sebagian pria dewasa yang masih mengalami masalah jerawat pada kulit wajahnya. Ada beberapa penyebab jerawat pada pria. Mari kita simak informasi berikut ini:

  • Stress

Salah satu penyebab jerawat pria adalah pekerjaan yang menumpuk, masalah keuangan, dan juga masalah lainnya bisa menyebabkan Anda stress. Ketika stress, kelenjar adrenal akan memproduksi hormon stress kortisol dan menempatkannya keluar dari dalam tubuh dalam bentuk jerawat untuk membantu tubuh mengatasi stress.

  • Kurang Menjaga Kebersihan

Jika Anda malas membersihkan wajah setelah beraktivitas seharian, maka menjadi wajar jika jerawat muncul pada wajah Anda. Kotoran, debu, dan juga minyak yang menumpuk di wajah akan menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga jerawat akan muncul.

  • Pengaruh Obat

Beberapa jenis obat bisa mempengaruhi munculnya jerawat pada pria dewasa. Obat-obatan yang mengandung yodium biasanya sering memicu munculnya jerawat.

  • Makanan Manis

Makanan yang banyak mengandung gula dapat memicu insulin dalam tubuh. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa insulin dapat meningkatkan hormon pria yang memicu produksi banyak minyak. Untuk mencegah munculnya jerawat, gunakan Garnier Men Acno Fight 12 in 1 yang membantu mengurangi 12 tanda masalah jerawat dan minyak pada wajah.

Alih-alih mau menghilangkan, kalau pakai produk yang tidak cocok justru malah bisa memperparah keadaan. Sebagai solusinya, berikut adalah beberapa sabun muka pria yang memiliki ulasan positif sebagai penghilang jerawat dan bekasnya.

  • Kiehl’s Blue Herbal Acne Cleanser Treatment

Sabun muka pria untuk menghilangkan bekas jerawat salah satunya adalah Blue Herbal Acne Cleanser Treatment keluaran Kiehl’s adalah pilihan tepat untuk pria dengan kulit berminyak dan mudah berjerawat. Sabun ini dapat membersihkan pori-pori dari kotoran dan minyak berlebih yang menjadi sumber jerawat. Selain memiliki aroma segar nan menenangkan, bahan utama sabun muka ini pun memiliki khasiat khusus.

  • Sebamed Antibacterial Cleansing Foam

Jika sebelumnya produk lebih dianjurkan untuk kulit berminyak, berbeda dengan Sebamed Antibacterial Cleansing Foam. Mengingat pembersihnya berbentuk busa, produk ini sebaiknya digunakan untuk pria yang memiliki kulit sensitif. Selain membantu menghilangkan jerawat, sabun muka dari Sebamed ini pun dinilai bisa mengatasi komedo. Harganya relatif lebih mahal dari sabun muka kebanyakan memang, tapi anggap saja sebagai bagian dari investasi untuk kulit wajah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan pula toner dan gel dari koleksi ini.

  • Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Mendapat penghargaan produk terbaik dan pilihan pembaca majalah Allure secara berturut-turut membuktikan kualitas yang dimiliki Cetaphil Gentle Skin Cleanser. Diformulasikan sebagai pembersih wajah yang lembut, pria tidak akan pernah mengalami iritasi ketika memakai produk ini.

  • Acnes Natural Care Complete White Facewash

Jika produk sabun muka sebelumnya cukup menguras dompet, ada pula produk yang lebih ramah di kantong seperti Acnes Natural Care Complet White Facewash. Formula alami di dalam sabun muka ini dapat membantu menyamarkan bekas yang ditinggalkannya. Bekas tersebut bisa kian pudar berkat efek membuat kulit menjadi lebih cerah yang ditawarkan sabun muka ini.