Dari cara pembuatannya batik dibagi menjadi dua jenis, yaitu batik tradisional dan batik modern. Yang termasuk dalam batik tradisional adalah batik yang dikerjakandengan cara manual atau dikenal dengan istilah batik tulis. Sedangkan batik yang masuk ke dalam jenis modern adalah yang pengerjaannya dengan cara disablon atau diprinting atau dikenal dengan istilah batik cap.

Batik merupakan salah satu seni budaya asli dari Indonesia. Saat ini sudah banyak model dan motif batik yang dikembangkan dengan berbagai macam corka dan cara pembuatan. Inovasi batik semakin meramaikan khasanah fashion Indonesia dimana model pakaian batik di desain lebih modern.

Untuk lebih jelasnya perbedaan antara batik tradisional dan modern, ada baiknya simak pengertiannya berikut ini:

Baca juga: 4 Model Rok Batik Modis Yang Paling Disukai

Perbedaan Batik Tradisional Dan Modern

  • Batik tradisional adalah sebuah seni yang terdiri dari titik atau garis yang membentuk corak atau motif yang susunannya saling terikat satu dengan yang lainnya. Ada banyak aturan yang harus dipatuhi dalam proses pembuatan batik tradisional. Selain itu proses pengerjaannya lebih rumit dan membutuhkan waktu yang lumayan lama, bisa sampai 2 – 3 bulan lamanya. Oleh karena itu batik tradisional dari segi estetika dan harga lebih tinggi dan mahal dibandingkan dengan batik yang modern.
  • Batik modern adalah batik yang proses pengerjaannya tidak terikat pakem atau aturan tertentu. Baik dalam hal pembuatan susunan motif, warna yang digunakan serta teknik pengerjaannya lebih disesuaikan dengan perkembangan jaman. Ciri khas batik ini adalah lebih menonjolkan sisi keindahannya dan menyesuaikan dengan desain model pakaian yang lebih modern sehingga tidak terlihat kaku dan kuno. Batik motif modern lebih mudah ditemukan di pasaran dan harganya lebih murah dibandingkan dengan batik tradisional.

Inovasi Model Pakaian Batik Modern

Seiring dengan perkembangan dunia fashion yang semakin ramai, tidak ketinggalan model batik menjadi fashion yang digandrungi. Tidak hanya oleh para orang dewasa, batik pun diminati oleh para anak muda. Hal tersebut karena sentuhan kretivitas para desainer yang membuat pakaian yang trandy dengan bahan batik yang bisa diaplikasikan untuk berbagai acara.

Dulu, menggunakan batik identik dengan acara resmi seperti ke undangan pesta. Modelnyapun terbatas dan monoton. Sekarang sudah banyak model pakaian batik yang menarik dan terlihat fashionable.

Salah satu contohnya adalah dress batik dengan tambahan ikat pinggang membuat tampilan terlihat lebih anggun. Selain itu ada juga batik model atasan yang bagian bawahnya dibuat seperti layer, cocok dipadukan dengan bawahan celana jeans membuat penampilan terlihat lebih casual.

Selain itu, baju batik modern saat ini sudah banyak diaplikasikan untuk busana muslim yang modelnya tidak kalah menarik dan membuat muslimah yang menggunakannya terlihat lebih stylish dan modis.