Keringat merupakan cairan yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat yang ada di dalam tubuh manusia. Seperti yang kita ketahui bahwa keringat mengandung natrium klorida yaitu bahan utama garam dapur. Itulah mengapa kalau kita tidak sengaja menjilat keringat kita, rasanya pasti asin. Orang-orang percaya bahwa keringat berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh seseorang. Pada laki-laki, keringat memiliki fungsi lain yaitu sebagai feromon yang memiliki daya pikat atau daya rangsang seksual. Itulah mengapa seorang pasangan wanita tidak jarang sangat hafal aroma tubuh pasangan prianya karena memang keringat pria memiliki daya pikat tersendiri yang bisa diingat oleh pasangannya. Namun mungkin kamu sering mengalami keringat menjadi bau, hingga sepatu kamu juga menjadi bau. Mungkin kamu harus mencari cara menghilangkan bau pada sepatu mulai sekarang.

Keringat yang keluar dari dalam tubuh merupakan hal yang wajar, apalagi kalau kita telah melakukan kegiatan yang padat sepanjang hari. Keringat akan diproduksi lebih banyak jika jantung terpompa lebih kencang. Hal ini bisa kita rasakan saat kita berolahraga. Keringat memiliki bau tentunya merupakan hal yang wajar, namun jika bau tersebut berlebihan, apalagi tubuh kita mudah sekali mengalami bau keringat, itu adalah hal yang perlu dipertanyakan.

Ada orang yang beranggapan bahwa penyebab keringat bau adalah karena tubuh memproduksi keringat berlebih. Hal itu tentu saja salah, karena keringat berlebih tidak berpengaruh pada aroma yang dikeluarkan oleh keringat. Lalu, apa sih penyebab keringat bau? Mau tahu jawabannya? Yuk langsung saja kita simak ulasannya berikut ini.

  1. Berlebihan Memakan Brokoli dan Rempah-rempah

Rempah Ratus: Brokoli Masak Sos Tiram

Percaya atau tidak bahwa bau keringat ternyata bisa disebabkan oleh hal-hal yang tidak terduga yang sering kita lakukan di kehidupan sehari-hari? Tidak perlu heran, kamu perlu tahu bahwa hal-hal kecil yang kurang diperhatikan di kehidupan sehari-hari bisa menjadi penyebab keringat kamu menjadi bau, lho.

Salah satu penyebab keringat menjadi bau adalah karena kamu sangat suka mengonsumsi brokoli dan juga rempah-rempah secara berlebihan.

Lalu, apakah tidak boleh mengonsumsi brokoli dan rempah-rempah? Bukankah hidup ini akan hambar tanpa hal-hal tersebut? Tentu saja bukan berarti kamu tidak boleh mengonsumsi brokoli dan rempah-rempah, namun kamu perlu tahu bahwa bahan rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih merupakan penyebab bau badan yang paling kuat dan sudah banyak orang yang mengetahui mengenai hal ini.

Mengapa bisa? Ternyata bawang mampu memproduksi alisin dari rempah-rempah seperti bawang dan kari yang menyebabkan keringat memiliki aroma yang tidak sedap. Sangat jarang juga orang yang tidak mengetahui bahwa brokoli, kubis brussels, dan sayuran lain mengandung sulfur dan sulfida yang memicu bau keringat terutama jika dilepaskan lewat keringat yang diproduksi setiap hari. Jadi, boleh saja kamu mengonsumsi brokoli dan rempah-rempah, asalkan kamu tahu batasan dan jangan terlalu banyak.

  1. Sering Menahan Buang Air

Menahan atau Memaksa Buang Air Kecil Sama-sama Berbahaya ...

Buang air adalah sebuah proses membuang kotoran yang ada dalam tubuh. Tentunya buang air merupakan hal yang sangat penting yang tidak boleh ditahan karena berbagai kotoran yang mengendap dalam tubuh kita mengandung racun yang jika ditahan ternyata bisa dilepaskan melalui pori-pori, yaitu melalui keringat yang diproduksi oleh tubuh.

Menahan buang air kecil dan buang air besar membuat zat ammonia dalam tubuh menumpuk dan sewaktu-waktu bisa dibuang melalui keringat sehingga menyebabkan keringat menjadi bau.

Nah, itu dia hal yang bisa menjadi penyebab bau keringat pada tubuh kamu. Jagalah kebersihan tubuh selalu dan hindari kebiasaan-kebiasaan kecil dalam kehidupan yang bisa memicu keringat menjadi bau.

Referensi:

https://review.bukalapak.com/mens-style/5-cara-menghilangkan-bau-sepatu-sesuai-bahannya-29212