fashionarsis-com_sepatu-flat

Membahas soal fashion wantia merupakan hal yang tidak pernah ada habsinya. Wanita memang tidak pernah lepas dari trand maupun gaya. Itu sebabnya mengapa fashion wanita lebih cepat berkembang dibandingkan pria. Salah satu produk fashion yang selalu diminati adalah sepatu flat.

Sejarah Sepatu

Dari temuan bukti sejarah ternyata sepatu ini memiliki sejarah yang sangat panjang, sama panjangnya dengan peradaban manusia. Sepatu ini sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, terbuat dari rumput dan kulit emas. Berikut adalah penemuan-penemuan alas kaki flat

  • Areni 1

Tercatat sepatu flat tertua adalah Areni-1, dibuat dari kulit selebar kaki, masing-masing sisinya diberi lubang untuk tali yang berfungsi untuk menutup kaki. Sepatu yang ditemukan di gua purba di wilayah Armenia dan diprediksi berusia 3500 SM atau 5500.

  • Otzi

Sepatu tertua berikutnya adalah flat otzi yang dibuat dari kulit beruang, diperkirakan berusia 3300 SM. Bagian yang bersentuhan dengan telapak kaki dilapisi kulit kayu. Bagian upper dibuat dari tali berbahan serat dari semak yang diperkirakan tumbuh disekitar lokasi.

  • King Tut’s Golden

Sandal yang terbuat dari emas ini dipakai oleh raja Firaun Tutankhamun. Desain-nya sangat indah, di bagian ujung depan sandal dibuat melancip. Diperkirakan sandal ini berusia 1324 SM.

Baca juga: Sepatu Flat Sebagai Sahabat Terbaik di Segala Suasana

  • Sepatu Dinasti Hang

Sepatu yang digunakan oleh masyarakat Cina saat pemerintahan Dinasti pada tahun 220 SM menggunakan bahan karung. Sedangkan untuk kalangan menengah keatas terbuat dari kulit.

Sepatu Hak Datar Modern

Seiring perkembangan kemajuan dan peradaban manusia, sepatu flat ikut berkembang. Sampai sekarang sepatu ini menjadi salah satu item yang harus dimiliki oleh wanita dengan bahan dan desain yang membuat wanita lebih dinamis dan tampil modis.

Banyak alasan mengapa sepatu ini menjadi alas kaki yang diandalkan. Karena alas sepatu ini didesain tanpa hak bisa membuat wanita lebih nyaman dan santai. Sepatu ini bisa digunakan untuk acara formal maupun nonformal tergantung model yang digunakan.  

Awalnya flat didefinisikan sebagai alas kaki yang tidak memiliki hak atau datar tapi ternyata sepatu flat mengalami perubahan. Kini kita bisa menemukan sepatu flat yang memiliki hak di bawah 3,5cm. Dengan ditambahkannya hak tersebut membuka ruang kreasi untuk para desainer melahirkan model dan style sepatu flat.

Beragam bahan disesuaikan sehingga sepatu ini menjadi salah satu alas kaki yang harus dimiliki wanita, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Bahkan sepatu flat bisa tampil dengan berbagai tampilan feminim maupun maskulin.

Munculnya keberagaman model dan bahan yang digunakan membuat harga sepatu juga bervariasi. Mulai dari harga yang termurah puluhan ribu hingga yang mencapai ratusan ribu. Anggapan dan mindset menggunakan sepatu flat kuno mulai terkikis oleh perkembangan fashion. Sepatu ini sekarang diakui sebagai sepatu yang fashioned yang tampil dengan elegan dan stylish.